Pengembangan Modul Biologi Berbasis Etnobotani Pada Materi Plantae Kelas X Madrasah Aliyah Islamiyah Kotapinang

Harahap, Rizky Anisah (2022) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Etnobotani Pada Materi Plantae Kelas X Madrasah Aliyah Islamiyah Kotapinang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI FIX.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan efektivitas pada modul biologi berbasis etnobotani pada materi Plantae kelas X Madrasah Aliyah Islamiyah Kotapinang. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Borg And Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono dengan 7 tahapan yaitu : 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Ujicoba produk, 7) Revisi produk. Modul Biologi Berbasis Etnobotani dinilai oleh 1 orang validator ahli materi, 1 orang valdator ahli media 1 guru dan 40 orang peserta didik dari Madrasah Aliyah Islamiyah Kotapinang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentasi penelitian modul oleh ahli materi sebesar 90% dengan kriteria Sangat Layak, dari hasil ahli media sebesar 98% dengan kriteria Sangat Layak dan penilaian dari respon guru sebesar 81% dengan kriteria Sangat Layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sementara itu, respon peserta didik diperoleh presentase keseluruhan uji kelompok kecil sebesar 89% dengan kriteriia Sangat Layak, dan uji kelompok besar 94% dengan kriteria Sangat Layak hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain score keaktifan belajar peserta didik yaitu 0,75 dan hasil perolehan presentasi nilai rata-rata N-Gain score pada hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 75,37%, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul biologi berbasis etnobotani tersebut layak dan efektif di gunakan untuk kegiatan belajar khususnya pada materi Plantae divisi Angiospermae.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, Etnobotani, Plantae
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:18
Last Modified: 19 Jun 2023 03:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19583

Actions (login required)

View Item View Item