Harahap, Rizky Anisah (2022) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Etnobotani Pada Materi Plantae Kelas X Madrasah Aliyah Islamiyah Kotapinang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf Download (769kB) |
|
Text
BAB 1 SKRIPSI FIX.pdf Download (216kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Download (193kB) |
|
Text
DAFAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan efektivitas pada modul biologi berbasis etnobotani pada materi Plantae kelas X Madrasah Aliyah Islamiyah Kotapinang. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Borg And Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono dengan 7 tahapan yaitu : 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Ujicoba produk, 7) Revisi produk. Modul Biologi Berbasis Etnobotani dinilai oleh 1 orang validator ahli materi, 1 orang valdator ahli media 1 guru dan 40 orang peserta didik dari Madrasah Aliyah Islamiyah Kotapinang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentasi penelitian modul oleh ahli materi sebesar 90% dengan kriteria Sangat Layak, dari hasil ahli media sebesar 98% dengan kriteria Sangat Layak dan penilaian dari respon guru sebesar 81% dengan kriteria Sangat Layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sementara itu, respon peserta didik diperoleh presentase keseluruhan uji kelompok kecil sebesar 89% dengan kriteriia Sangat Layak, dan uji kelompok besar 94% dengan kriteria Sangat Layak hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain score keaktifan belajar peserta didik yaitu 0,75 dan hasil perolehan presentasi nilai rata-rata N-Gain score pada hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 75,37%, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul biologi berbasis etnobotani tersebut layak dan efektif di gunakan untuk kegiatan belajar khususnya pada materi Plantae divisi Angiospermae.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul, Etnobotani, Plantae |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 03:18 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 03:18 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19583 |
Actions (login required)
View Item |