Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematik Dengan Metode Diskusi Berdasarkan Tingkat Intelligence Quotient (IQ)

Marisa, Isnaida (2021) Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematik Dengan Metode Diskusi Berdasarkan Tingkat Intelligence Quotient (IQ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (902kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai: mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa dalam memecahkan masalah matematik dengan metode diskusi berdasarkan tingkat IQ (Intelligence Quotient) dari tinggi hingga rendah di Madrasah Aliyah Negeri Asahan. Indikator yang dipilih yaitu kemampuan matematis siswa yakni : (1) Memahami soal dan masalah yang akan diselesaikan, (2) Membuat strategi hubungan yang logis antara soal dan rumus yang akan digunakan (3) Mengaitkan hal yang diketahui sebelumnya dengan startegi yang akan digunakan dan (4) Mengidentifikasi jawaban dari permasalahan soal dan memeriksanya kembali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan meneliti langsung kelapangan. Subyek penelitian ini siswa-siswi Kelas XI IPA 3 Man Asahan. Teknik pengumpulan data dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yaitu yang pertama, siswa dengan IQ tinggi memiliki kemampuan matematis yang tinggi pula, siswa tersebut dapat mengingat rumus trigonometri sesuai dengan ketetapan dan merepresentasikannya secara matematis dengan baik. Yang kedua, siswa dengan IQ sedang memiliki kemampuan matematis yang sedang hal ini dilihat dari siswa belum mampu memecahkan masalah secara penuh. Siswa hanya menyajikan dalam representasi matematis namun tidak sesuai dengan konsepnya Yang ketiga siswa dengan IQ rendah memiliki kemampuan matematis yang rendah sebab siswa mampu memilih prosedur atau operasi tertentu dalam mengerjakan soal namun masih ada kekeliruan sehingga tidak sesuai dengan indikator pemahaman konsep.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Memecahkan masalah, Intelligence Quotient
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:07
Last Modified: 19 Jun 2023 03:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19582

Actions (login required)

View Item View Item