Fathoni, Muhammad (2021) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di Kelas X MA Pesantren Modern Ta’dib Al-Syakirin. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover_.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1..pdf Download (627kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
|
Text
BAB 3..pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
|
Text
BAB 4..pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (324kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dan Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di kelas X MA Pesantren Modern Ta’dib Al- Syakirin. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MA Pesantren Modern Ta’dib Al- Syakirin yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 50 siswa sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa adalah tes berbentuk uraian. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dengan nilai Fhitung = 10,410 > Ftabel taraf α(0,05) = 4,043; 2) Tidak terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dengan nilai Fhitung = 0,064 < Ftabel taraf α(0,05) = 4,043; 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dengan nilai Fhitung= 4,199 > Ftabel taraf α(0,05) = 3,940.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Think Pair Share, Model Pembelajaran Problem Based Learning |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 02:40 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 02:40 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19576 |
Actions (login required)
View Item |