Pemberian Dana Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi Tahun 2020 (Implementasi Peraturan Bupati Labuhanbatu Nomor .7 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pemberian Dana Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi Kabupaten Labuhanbatu Ditinjau Dari Perspektif Fiqh Siyasah)

Solehuddin, Iqbal (2022) Pemberian Dana Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi Tahun 2020 (Implementasi Peraturan Bupati Labuhanbatu Nomor .7 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pemberian Dana Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi Kabupaten Labuhanbatu Ditinjau Dari Perspektif Fiqh Siyasah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER IQBAL SOLEHUDDIN.pdf

Download (934kB)
[img] Text
BAB I IQ..pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB II IQ..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III IQ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV IQ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB V IQ.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA IQ.pdf

Download (484kB)

Abstract

Beasiswa adalah bantuan untuk membantu orang terutama bagi yang masih sekolah atau kuliah agar mereka dapat menyelesaikan tugasnya dalam rangka mencari ilmu pengetahuan hingga selesai. Berdasarkan Peraturan Bupati Labuhanbatu Nomor 7 tahun 2013 pasal 3 ayat (1) menjelaskan bahwa pemberian dana pendidikan dilakukan dengan menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut : Transparan, Akuntabel, Kepastian Hukum, Tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu. Namun praktik dilapangan pemerintahan kabupaten Labuhanbatu belum menerapkan peraturan bupati Labuhanbatu No. 7 tahun 2013, sebab dana pendidikan bagi mahasiswa berprestasi kabupaten Labuhanbatu tidak terealisasikan hingga saat ini. dalam penelitian skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis empiris yaitu mengkaji ketentuan hukum untuk mengetahui bagaimana Pemberian Dana Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi Kabupaten Labuhanbatu, Implementasi Peraturan Bupati No.7 Tahun 2013 Tentang Pemberian Dana Pendidikan Bagi Mahasiswa Beprestasi Kabupaten dan mengetahui Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Pemberian Dana Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi Kabupaten Labuhanbatu Menurut Peraturan Bupati No. 7 Tahun 2013. Supaya lebih terperinci sehingga dapat dianalisis dan menginterpretasikan melalui data yang terkumpul, menggunakan sumber data yaitu primer, sekunder dan tersier. Data primer didapatkan dari wawancara langsung kepada Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) kabupaten Labuhanbatu dan para mahasiswa-mahasiswi Labuhanbatu. Data sekunder didapatkan dari berbagai literatur seperti buku, jurnal, yang berhubungan dengan penelitian. Data tersier didapatkan dari internet, kamus-kamus, media cetak dan sebagainya. berdasarkan yang penulis amati bahwa Beasiswa mahasiswa berprestasi tidak terealisikan dikarenakan faktor keuangan daerah (financial) yang tidak stabil sehingga Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu tidak sanggup untuk mereaslisasikan beasiswa berprestasi tersebut. Dari perspektif fiqh siyasah masuk kedalam konteks siyasah dusturiyah yaitu membahas masalah perundang-undangan Negara. seharusnya suatu lembaga pemerintahan harus tunduk kepada aturan yang telah dibuat serta di dalam islam pun kita disarankan untuk menunaikan hak mahasiswa- mahasiswi kabupaten Labuhanbatu pekerja setelah menyelesaikannya seleksi pemberkasan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Beasiswa, Mahasiswa, Perbub No.7 Tahun 2013 Kabupaten Labuhanbatu,Fiqh Siyasah.
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:55
Last Modified: 16 Jun 2023 08:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19565

Actions (login required)

View Item View Item