Pemikiran Prof. Bimo Walgito Tentang Bimbingan dan Konseling Perkawinan Dalam Mengurangi Problematika Kehidupan Keluarga

Galingging, Cindy Indah Sari (2023) Pemikiran Prof. Bimo Walgito Tentang Bimbingan dan Konseling Perkawinan Dalam Mengurangi Problematika Kehidupan Keluarga. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover-Skripsi Cindy Indah Sari Galingging.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB I-Skripsi Cindy Indah Sari Galingging.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB II-Skripsi Cindy Indah Sari Galingging.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB III-Skripsi Cindy Indah Sari Galingging.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV-Skripsi Cindy Indah Sari Galingging.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB V-Skripsi Cindy Indah Sari Galingging.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-Skripsi Cindy Indah Sari Galingging.pdf

Download (676kB)

Abstract

Secara umum penelitian bertujuan mengidentifikasi bimbingan konseling perkawinan yang mempunyai kedudukan sangat penting dalam upaya untuk mengurangi masalah perkawinan dan masalah kehidupan berkeluarga. Pada dasarnya problematika yang dihadapi pasangan suami-istri dalam perkawinan dan kehidupan berkeluarga tidak akan pernah berhenti sampai kapan-pun. Secara khusus penelitian ini bertujuan menemukan dan menganalisis pandangan atau pemikiran Prof. Bimo Walgito tentang bimbingan konseling perkawinan dalam mengurangi problematika kehidupan berkeluarga, dan melihat seberapa besarnya urgensi bimbingan konseling perkawinan dalam mengurangi problematika kehidupan berkeluarga. Metode penelitian jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis studi kepustakaan (Library Reseach) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif guna untuk mendapatkandan menghasilkan gambaran dan keterangan secara jelas, objektif, sistematis, dan kritis mengenai keadaan yang sebenarnya dari objek penelitian yang telah dikaji. Data yang diperoleh melalui dokumentasi dari sumber data primer yaitu buku Prof. Bimo Walgito "Bimbingan dan Konseling Perkawinan" dan sumber data sekunder sebagai data pendukung dalam mengkaji penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ada beberapa bagian diantaranya adalah: (a)reduksi data, (b)penyajian data, dan (c)penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah didapatkan dari penelitian studi kepustakaan setelah melakukan pengkajian dan menganalisis menunjukkan bahwa: (1)Pandangan Bimo Walgito memfokuskan pada hal-hal penting yaitu peranan faktor fisiologis, peranan faktor psikologis, peranan faktor agama dan peranan faktor komunikasi. Peranan ke- empat faktor ini merupakan golongan kebutuhan saling berkaitan satu sama lain tidak dapat dipisahkan yang menghendaki adanya pemenuhan. Peranan kebutuhan fisiologis, peranan psikologis, peranan agama, dan peranan komunikasi masalah sangat penting dalam kehidupan perkawinan dan kehidupan keluarga, jikalau pemenuhan masing-masing kebutuhan dapat dilaksanakan dengan baik maka bukan hal yang mustahil untuk mencapai sebuah perkawinan dan kehidupan keluarga yang harmonis, dan ketahanan keluarga terjaga secara sempurna. (2)Urgensitas bimbingan konseling perkawinan sangat besar pengaruhnya dalam mengurangi problematika kehidupan perkawinan dan kehidupan keluarga yang disebabkan perubahan dan kemajuan yang terjadi secara signifikan mempengaruhi struktur dan kondisi kehidupan keluarga.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimo Walgito, Bimbingan Konseling Perkawinan, Problematika.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.302 Bimbingan perkawinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Jun 2023 05:46
Last Modified: 16 Jun 2023 05:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19551

Actions (login required)

View Item View Item