Travelling Salesman Problem Dalam Penyaluran Pupuk di Perkebunan Kelapa Sawit PT. Socfindo Bangun Bandar Menggunakan Algoritma Ant Colony Optimization (ACO)

Hazizah, Salsabillah (2023) Travelling Salesman Problem Dalam Penyaluran Pupuk di Perkebunan Kelapa Sawit PT. Socfindo Bangun Bandar Menggunakan Algoritma Ant Colony Optimization (ACO). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi_Salsabillah Hazizah_Cover.pdf

Download (762kB)
[img] Text
Skripsi_Salsabillah Hazizah_Bab I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Skripsi_Salsabillah Hazizah_Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Salsabillah Hazizah_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
Skripsi_Salsabillah Hazizah_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] Text
Skripsi_Salsabillah Hazizah_Bab V.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Skripsi_Salsabillah Hazizah_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perjalanan dari satu lokasi atau tempat ke tempat yang lain dengan mempertimbangkan jalur atau rute terpendek termasuk kedalam persoalan yang sangat terkenal dalam teori graf. Untuk menentukan jalur yang akan dilalui dapat dengan mengimplementasikan algoritma Ant Colony dalam menentukan rute terpendek. Ini merupakan kasus dari Travelling Salesman Problem (TSP), yaitu mengunjungi semua titik lokasi yang dimulai dari titik awal dan berakhir dititik awal kembali. Penelitian ini dilakukan di perkebunan kelapa sawit PT. Socfindo Bangun Bandar dalam penyaluran pupuk. Sampel yang digunakan yaitu 6 titik lokasi yang kemudian diselesaikan dengan menggunakan algoritma Ant Colony dimana algoritma ini mengadopsi cara kerja dari semut untuk mendapatkan rute terpendek. Penggunaan algoritma Ant Colony pada kasus ini terbatas untuk satu siklus atau satu iterasi (NC=1) sehingga diperoleh rute terbaik sementara siklus pertama yaitu Gudang Pupuk PT. Socfindo Bangun Bandar (V1) menuju Blok 55 (V4) kemudian Blok 63 (V6) menuju Blok 61 (V5) kemudian Blok 51 (V2) menuju Blok 52 (V3) dan kembali lagi ke Gudang Pupuk PT. Socfindo Bangun Bandar (V1), dan dari rute ini dapat dimodifikasi lagi ke rute yang sebaliknya dengan jarak sebesar 15,71 km.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teori Graf, Algoritma Ant Colony, Travelling Salesman Problem
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:48
Last Modified: 12 Jun 2023 04:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19488

Actions (login required)

View Item View Item