Analisis Pengelolaan Anggaran Dana Desa Terhadap Bantuan Langsung Tunai Bagi Masyarakat Desa Yang Terdampak Covid-19 Tahun 2020 (Studi Kasus Desa Jaharun B Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang)

Maulya, Putri (2022) Analisis Pengelolaan Anggaran Dana Desa Terhadap Bantuan Langsung Tunai Bagi Masyarakat Desa Yang Terdampak Covid-19 Tahun 2020 (Studi Kasus Desa Jaharun B Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (putri maulya).pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB I (putri maulya).pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB 2 (putri maulya).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] Text
BAB 3 (putri maulya).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB 4 (putri maulya).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] Text
BAB 5 (putri maulya).pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (putri maulya).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan anggaran dana desa terhadap Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat desa pada Desa Jaharun B Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Desa Jaharun B Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang yang beralamat di Jl.Pertumbukan Desa Jaharun B Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode wawancara. Hasil penelitian pertama menunjukkan bahwa Pengelolaan Dana Desa Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Jaharun B Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang telah dilakukan sesuai kriteria pemerintah daerah, namun tidak semua masyarakat desa mendapatkan dana BLT dikarenakan kriteria dalam hal penerima BLT yang tidak sesuai dengan sebagian masyarakat desa sehingga membuat masyarakat salah paham dalam hal penerima BLT-Dana Desa. Hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa Penyaluran Dana Desa Bantuan Langsung Tunai (BLT) sudah dilakukan per satu bulan sekali secara tunai yang langsung diberikan kepada masyarakat penerima BLT-Dana Desa di balai Desa. Namun, terdapat adanya bantuan yang double maksudnya, ada masyarakat yang sudah mendapat BLT tetapi mendapatkan bantuan yang lain seperti PKH, BPNT sehingga pemerintahan desa harus mengecek satu persatu masyarakat yang mendapat bantuan double supaya masyarakat yang belum sama sekali terima bantuan bisa mendapatkan bantuan tersebut. Hasil penelitian ketiga menunjukkan bahwa Pengelolaan Dana Desa belum optimal dalam pandangan ekonomi Islam yang transparansi, tanggung jawab, dan adil.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Dana Desa, BLT (Bantuan Langsung Tunai), MasyarakatDesa,Covid-19
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Jun 2023 08:41
Last Modified: 02 Jun 2023 08:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19438

Actions (login required)

View Item View Item