Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Anak-anak Keluarga Pekerja Migran Indonesia: Studi Kasus di Desa Bukit Selamat Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat

Yulita, Fauziah (2021) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Anak-anak Keluarga Pekerja Migran Indonesia: Studi Kasus di Desa Bukit Selamat Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (976kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak-anak keluarga pekerja migran Indonesia, untuk mengetahui problematika pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak-anak keluarga pekerja migran Indonesia, mengetahui upaya dalam mengatasi problematika pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak-anak keluarga pekerja migran Indonesia di Desa Bukit Selamat Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Subjek penelitiannya adalah orang tua yang bekerja sebagai pekerja migran, keluarga asuh, serta anak dari pekerja migran di Desa Bukit Selamat Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data serta menarik kesimpulan. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak-anak keluarga pekerja migran Indonesia sudah terlaksana dengan baik dan sudah sesuai dengan ajaran Islam. Pendidikan dipercayakan kepada pengasuh yaitu ayah atau nenek. Untuk mendukung pendidikan agama anak, anak dimasukkan ke sekolah formal dan non formal. Pendidikan Islam dalam keluarga menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan dan metode nasihat.Pola pengasuhan yang digunakan adalah pola asuh demokratis. problematika yang dihadapi berasal dari faktor internal dan eksternal. Upaya untuk mengatasi problem tersebut yang paling efektif menggunakan nasihat yang sering diberikan kepada anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam Keluarga, Anak-anak, Pekerja Migran Indonesia
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Jun 2023 08:29
Last Modified: 02 Jun 2023 08:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19437

Actions (login required)

View Item View Item