Hazima, Haura and Khairuddin, Khairuddin (2023) Analysis of Implementation of Content Mastery Services in Overcoming Problems of Student Learning Difficulties (Systematic Literature Review Method). Journal for Lesson and Learning Studies, 6 (1). ISSN P-ISSN: 2615-6148 E-ISSN : 2615-7330
Text
Haura.pdf Download (823kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan keefektifan layanan penguasaan konten dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), yaitu suatu metode yang sistematis, jelas, menyeluruh, mengidentifikasi, menganalisis, menilai, mengevaluasi, dan menginterpretasikan semua temuan atas suatu topik penelitian (research question). Sumber data sebagai subjek dan objek berasal dari literatur jurnal terindeks yang memiliki ISSN elektronik (International Standard Serial Number) yang telah dipublikasikan melalui internet dengan kode E-ISSN. Pengumpulan data dilakukan dengan berselancar di internet dari Google Scholars. Hasil kajian menyebutkan bahwa hasil Kajian Pustaka Sistematis dari seluruh penelitian yang dimuat dalam jurnal yang telah terbit dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2022 menegaskan bahwa beberapa sekolah belum optimal dalam melaksanakan layanan penguasaan konten. Penyebab rendahnya implementasi layanan penguasaan konten adalah karena ada beberapa sekolah yang belum pernah menerapkan layanan penguasaan konten, tidak adanya guru profesional di bidang bimbingan dan konseling serta kurangnya fasilitas dari sekolah untuk melaksanakan layanan penguasaan konten. Solusi yang diberikan untuk menjawab permasalahan rendahnya implementasi layanan penguasaan konten dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di atas antara lain sekolah memberikan fasilitas kepada guru pembimbing untuk melaksanakan layanan penguasaan konten, meningkatkan kualitas layanan dalam bimbingan dan konseling.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar Siswa, Layanan Penguasaan konten, Systematic Litetature Review. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 26 May 2023 04:32 |
Last Modified: | 26 May 2023 04:32 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19384 |
Actions (login required)
View Item |