Assingkily, Rizki and Mahidin, Mahidin (2022) Upaya guru bimbingan dan konseling mengatasi perilaku prokrastinasi akademik siswa pasca Pandemi Covid-19. Hikmah: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan dan Keagamaan, 19 (2). ISSN 1829-8419
Text
Rizki Assingkily.pdf Download (557kB) |
Abstract
Penugasan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, peserta didik memandang bahwa tugas itu sebagai beban, sehingga sering menunda bahkan tidak mengerjakan tugas dengan sengaja, diistilahkan dengan perilaku prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Adapun fokus penelitian ini ditujukan pada siswa di MAN 1 Aceh Tenggara dengan latar waktu pasca pandemi Covid-19 untuk meninjau kembali perbedaannya dengan era pandemi Covid-19. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode studi kasus. Pemerolehan data melalui teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya guru BK dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa di MAN 1 Aceh Tenggara terlaksana dengan efektif. Hal ini ditandai dengan dua tindakan, yakni langkah pencegahan dan pelayanan konseling. Adapun pencegahan berupa bimbingan klasikal, kelompok, dan pemberian layanan bimbingan individu kepada siswa. Sedangkan pelayanan konseling berupa sanksi edukatif bagi siswa bermasalah dan apresiasi atas keberhasilan siswa menyelesaikan tugas tepat waktu. Penelitian ini berimplikasi pada perbaikan sikap siswa khususnya dalam mengikuti pembelajaran.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Konseling, Pembinaan Siswa, Prokrastinasi Akademik |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 25 May 2023 08:04 |
Last Modified: | 25 May 2023 08:04 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19361 |
Actions (login required)
View Item |