Tatbiq Thoriqah Ta’limul Muzakaroh (Jigsaw) Fi Tarqiyah Al- Qudrah Al-‘Arabiyyah Lada Talamiz Ash-Shof Al-Hadi Asyar Bil- Madrosah At-Tsanawiyyah Al-Hukumiyyah Wahid Bi Midan

Simbolon, Abdul Rojab (2019) Tatbiq Thoriqah Ta’limul Muzakaroh (Jigsaw) Fi Tarqiyah Al- Qudrah Al-‘Arabiyyah Lada Talamiz Ash-Shof Al-Hadi Asyar Bil- Madrosah At-Tsanawiyyah Al-Hukumiyyah Wahid Bi Midan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
تطبيق طريقة تعليم المذاكرة.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap: (1) Bagaimana Kemampuan Berbahasa Arab Sebelum Diterapkan Metode Jigsaw. (2). Bagaimana Kemampuan Berbahasa Arab Sesudah Diterapkan Metode Jigsaw. (3). Apa kelebihan dan kelemahan dalam menerapkan metode jigsaw dalam meningkatkan kemampuan berbahasa arab di Madrasah Aliah Negeri 1 Medan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan 2 siklus dan bentuk prosedurnya siklusnya terdiri dari 1). Perencanaan Tindakan, 2). Pelaksanaan Tindakan , 3) Observasi Dan 4). Refleks. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Dan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIK 1( SATU) Dengan jumlah siswa 34 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa :1). Kemampuan belajar berbahasa arab siswa sebelum menggunakan Metode Jigsaw diketahui bahwa : 14 siswa ((41,17%) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 66,76%. 2). Kemampuan belajar berbahasa arab siswa sesudah menggunakan metode Jigsaw mengalami peningkatan hasil belajar pada siklus I bahwa siswa yang tuntas berjumlah 23 Siswa (67,64%) dengan nilai rata- rata 74,70%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan belajar siswa berjumlah 29 Siswa (85,94%) dengan nilai rata-rata 88,94 %. Berdasarkan hal diatas, menerangkan bahwa Metode Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan berbahasa arab dikelas XI (IIK 1) Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic (Bahasa Arab)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 22 May 2023 05:13
Last Modified: 22 May 2023 05:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19273

Actions (login required)

View Item View Item