Pengaruh Strategi Pembelajaran Tandur (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasika, Ulangi dan Rayakan) Terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas IV MIS Bidayatul Hidayah Tembung

Harahap, Ummy Azizah (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran Tandur (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasika, Ulangi dan Rayakan) Terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas IV MIS Bidayatul Hidayah Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover skripsi ummy azizah harahap (PGMI).pdf

Download (494kB)
[img] Text
bab 1 skripsi ummy azizah harahap (PGMI).pdf

Download (137kB)
[img] Text
bab 2 skripsi ummy azizah harahap (PGMI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
bab 3 skripsi ummy azizah harahap (PGMI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
bab 4 skripsi ummy azizah harahap (PGMI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
bab 5 skripsi ummy azizah harahap (PGMI).pdf

Download (171kB)
[img] Text
dafrar pustaka skripsi ummy azizah harahap (PGMI).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasika, Ulangi dan Rayakan) Terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas IV MIS Bidayatul Hidayah.” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui , 1) Hasil belajar siswa di kelas kontrol tanpa menggunakan strategi pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami. Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) pada mata pelajaran IPA di kelas IV di MIS Bidayatul Hidayah 2) Hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami. Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) pada mata pelajaran IPA di kelas IV di MIS Bidayatul Hidayah. 3) Pengaruh yang signifikan dengan penggunaan strategi pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami. Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) pada mata pelajaran IPA di kelas IV di MIS Bidayatul Hidayah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 62 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah validasi oleh tim ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Berdasarkan dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) hasil belajar IPA pada kelas kontrol (IV-C) tanpa menggunakan strategi diperoleh rata- rata post test 74,19. 2) hasil belajar IPA pada kelas eksperimen (IV-B) dengan menggunakan strategi pembelajaran TANDUR diperoleh rata-rata post test 84,84. 3) berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh strategi pembelajaran TANDUR berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,680 > 2,000 (n=31) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran TANDUR berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Bidayatul Hidayah Pasar VII Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Strategi TANDUR, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 May 2023 03:43
Last Modified: 22 May 2023 03:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19266

Actions (login required)

View Item View Item