Analisis Pemberian Denda Ta’zir Pada Produk Pembiayaan iB Kepemilikan Rumah Dalam Meningkatkan Kepatuhan Nasabah Pada PT. Bank Sumut Capem Syariah HM.Joni

Nasution, Afridayanti (2022) Analisis Pemberian Denda Ta’zir Pada Produk Pembiayaan iB Kepemilikan Rumah Dalam Meningkatkan Kepatuhan Nasabah Pada PT. Bank Sumut Capem Syariah HM.Joni. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI AFRIDAYANTI NASUTION.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I Skripsi Afridayanti Nasution.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Afridayanti Nasution.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Afridayanti Nasution.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Afridayanti Nasution.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB V Skripsi Afridayanti Nasution.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI AFRIDAYANTI NASUTION.pdf

Download (677kB)

Abstract

Pembiayaan iB Kepemilikan Rumah dengan menggunakan Akad Murabahah merupakan salah satu bentuk pembiayaan yang ditawarkan Bank Sumut Capem Syariah HM. Joni kepada nasabahnya. Penelitian ini dilatar belakangi dengan melihat masalah yang terdapat dalam pelaksanaannya tidak jarang pembiayaan ini bermasalah baik disebabkan oleh wanprestasi maupun force majeur. Ketidakpatuhan nasabah akan kewajibannya dapat menjadi salah satu resiko yang dialami oleh bank syariah karena dapat mengganggu kinerja bank sehingga harus diminimalisir demi berjalannya kegiataan operasional bank syariah dengan baik. Akibat dari wanprestasi itu biasanya dapat dikenakan denda ta’zir, pembatalan kontrak, peralihan resiko, maupun membayar perkaranya. DSN-MUI telah mengeluarkan fatwa yang membolehkan menerapkan denda sebagai upaya mencegah nasabah melakukan wanprestasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana praktik pemberian sanksi denda Ta’zir pada produk pembiayaan iB Kepemilikan Rumah untuk meningkatkan kepatuhan nasabah di Bank Sumut Capem Syariah HM. Joni dan Bagaimana pengelolaan dana denda Ta’zir pada produk pembiayaan iB Kepemilikan Rumah di Bank Sumut Capem Syariah HM. Joni. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa dalam pembahasan ini adalah analisa data deskriptif-kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan ta’zir Bank Sumut Capem Syariah HM. Joni menerapkan ta’zir kepada nasabah mampu yang menunda- nunda pembayaran dengan sengaja dan nasabah yang tidak mempunyai itikad baik apabila mengalami keterlambatan membayar. Dana ta’zir tersebut bukan merupakan pendapatan bank melainkan dana ta’zir tersebut disalurkan kedalam bentuk dana sosial.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Denda Ta’zir, Pembiayaan iB Kepemilikan Rumah, Kepatuhan Nasabah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 May 2023 01:40
Last Modified: 22 May 2023 01:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19250

Actions (login required)

View Item View Item