Implementasi Tugas Kepala Daerah Dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama Berdasarkan Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Tempat Ibadah Dalam Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus Kabupaten Aceh Singkil)

Tanjung, Fahmi Anwar (2021) Implementasi Tugas Kepala Daerah Dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama Berdasarkan Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Tempat Ibadah Dalam Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus Kabupaten Aceh Singkil). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Fahmi.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB 1 FAHMI.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB 2 FAHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB 3 FAHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
BAB 4 FAHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB 5 FAHMI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FAHMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Kepala Daerah dalam memelihara kerukunan umat beragama di Aceh Singkil dengan bekerjasama dengan instansi terkait serta mengetahui apakah tujuan dari Qanun tersebut sudah tercapai. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana tugas kepala daerah dalam memelihara kerukunan umat beragama di Kabupaten Aceh Singkil, faktor-faktor apakah yang menjadi pendukung dan penghambat Tugas kepala daerah dalam memelihara kerukunan umat beragama di Kabupaten Aceh Singkil, Dan bagaiamana perspektif fiqh siyasah terkait tugas kepala daerah dalam memelihara kerukunan umat beragama di Kabupaten Aceh Singkil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris, penelitian ini sering disebut dengan penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penyusunan juga mencari dan mengumpulkan dan mempelajari peraturan perundang-undangan dan bahan hukum lain yang terkait dengan objek penelitian. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari wawancara langsung kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Singkil, Kabag Hukum Sekretariat Daerah Aceh Singkil, Forum Kerukunan Umat Beragama, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Data sekunder data adalah data yang didapatkan dari beberapa literatur yang berhubungan dengan penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwasannya Kepala Daerah dalam memelihara kerukunan umat beragama telah berjalan dengan baik, akan tetapi perihal pendirian rumah ibadah masih sedang diupayakan oleh pemerintah kabupaten dengan meminta terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi. Faktor yang menjadi pendukung kepala daerah dalam memelihara kerukunan umat beragama adalah keluarga sebagai unit terkecil masyarakat dan suku yang memiliki garis keturunan yang sama. Perspektif fiqh siyasah terkait tugas kepala daerah dalam memelihara kerukunan umat beragama telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan kajian fiqh siyasah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepala Daerah, Implementasi, Tugas
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 May 2023 07:34
Last Modified: 15 May 2023 07:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19199

Actions (login required)

View Item View Item