Analisis Fundamental Perusahaan Serta Penilaian Saham Dengan Metode Price Earning Ratio Dan Price to Book Value Dengan Menilai Harga Wajar Saham Dan Keputusan Investasi (Studi Pada Bank Syariah Yang Terdaftar Di Daftar Efek Syariah (DES) Periode 2019-2021)

Rahza, M. Kahfi (2022) Analisis Fundamental Perusahaan Serta Penilaian Saham Dengan Metode Price Earning Ratio Dan Price to Book Value Dengan Menilai Harga Wajar Saham Dan Keputusan Investasi (Studi Pada Bank Syariah Yang Terdaftar Di Daftar Efek Syariah (DES) Periode 2019-2021). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Rahza.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Rahza.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II Rahza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III Rahza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV Rahza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB V Rahza.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Rahza.pdf

Download (521kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat statistik keuangan, nilai saham dan keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui laporan keuangan setiap tahunnya pada website resmi perusahaan tersebut dan Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kriteria perusahaan bank syariah yang konsisten terdaftar di DES dan tidak merger dari tahun 2019-2021, maka diperoleh 2 perusahaan bank syariah untuk dijadikan sampel penelitian yaitu PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk dan PT Bank Panin Dubai Syariah. Melalui analisis fundamental melalui perhitungan manual dengan rasio keuangan DER, ROE, ROA, EPS dan pengambilan keputusan melalui metode Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menjelaskan bahwa, berdasarkan metode PER kondisi harga saham BTPS dan PNBS pada tahun 2019-2020 dalam kondisi overvalued (mahal), sehingga keputusan investasinya menjual saham tersebut. Pada tahun 2021 keputusan menahan saham BTPS dilakukan karena kondisi harga sahamnya wajar (fair) sedangkan keputusan membeli saham PNBS dilakukan karena dalam kondisi murah (undervalued). Untuk metode PBV diperoleh hasil bahwa harga saham BTPS dan PNBS dalam tiga tahun terakhir berada pada kondisi overvalued (mahal) dari nilai bukunya, sehingga keputusan yang diambil adalah menjual saham tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Fundamental, Penilaian Saham, Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), Keputusan Investasi
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 May 2023 06:47
Last Modified: 12 May 2023 06:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19172

Actions (login required)

View Item View Item