Pemanfaatan Masjid Utamanya Tempat Shalat Juga Sebagai Lembaga Pendidikan Non Formal Bagi Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung

Pangaribuan, Ismail (2021) Pemanfaatan Masjid Utamanya Tempat Shalat Juga Sebagai Lembaga Pendidikan Non Formal Bagi Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (685kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan masjid utamanya tempat shalat juga sebagai lembaga pendidikan non formal bagi anak pada masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung. (2) Untuk mengetahui kendala dari pemanfaatan masjid utamanya tempat shalat juga sebagai lembaga pendidikan non formal bagi anak pada masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Sidorejo kecamatan Medan Tembung. (3) Untuk menjelaskan solusi pemanfaatan masjid utamanya tempat shalat juga sebagai lembaga pendidikan non formal bagi anak pada masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pemanfaatan masjid dilakukan dengan baik yakni belajar mengaji, dan juga belajar bahasa arab sehingga dapat menambah wawasan bagi anak. Dalam pemanfaatan masjid terdapat kendala dalam pembelajaran seperti kurangnya kesadaran anak dalam belajar dan serta minimnya dukungan orang tua sehingga dapat menghambat perkembangan belajar anak. Adapun solusi yang dapat dilakukan dengan cara membuat pola pengajaran yang lebih variatif sehingga anak tidak bosan dalam belajar Al-Quran, sehingga pemanfaatan masjid sebagai lembaga pendidikan non formal dapat dilakukan secara maksimal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Masjid; Pendidikan Non Formal
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 May 2023 04:30
Last Modified: 12 May 2023 04:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19166

Actions (login required)

View Item View Item