Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Masjid : ISAK 35 Tentang Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Non Laba Wilayah Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang

Mursidah, Silmi (2023) Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Masjid : ISAK 35 Tentang Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Non Laba Wilayah Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_SILMI MURSIDAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I_SILMI MURSIDAH.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB II_SILMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB III_SILMI MURSIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB IV_SILMI MURSIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
BAB V_SILMI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_SILMI_MURSIDAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas Masjid Ubudiyah Aulawiyah PTPN II, Masjid Al-Ikhlas, Masjid Shalatul Falah yang ada di Kecamatan Tanjung Morawa, mengetahui penerapan laporan keuangan pada Masjid Ubudiyah Aulawiyah PTPN II, Masjid Al-Ikhlas, Masjid Shalatul Falah di Kecamatan Tanjung Morawa dengan ISAK 35, mengetahui faktor-faktor yang menghambat akuntabilitas Masjid Ubudiyah Aulawiyah PTPN II, Masjid Al-Ikhlas, Masjid Shalatul Falah yang ada di Kecamatan Tanjung Morawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua dan bendahara masjid serta yang menjadi objek penelitian ini adalah pencatatan dan laporan keuangan ketiga masjid. Pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengurus masjid Ubudiyah Aulawiyah PTPN II, Masjid Al-Ikhlas, Masjid Shalatul Falah telah melakukan pencatatan dan pelaporan dengan baik walaupun masih sederhana hanya sebatas pada pencatatan pemasukan dan pengeluaran masjid. Penerapan ISAK 35 mengenai penyajian laporan keuangan entitas berorientasi nonlaba dalam hal ini masjid belum diterapkan di masjid Ubudiyah Aulawiyah PTPN II, Masjid Al-Ikhlas, Masjid Shalatul Falah. Dikarenakan bendahara masjid mengakui istilah tersebut asing bagi mereka. Dan yang menjadi hambatan dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan ISAK 35 yang dihadapi oleh pengurus masjid Ubudiyah Aulawiyah PTPN II adalah keterbatasan waktu dalam penyusunan laporan keuangan, pada masjid Al-Ikhlas kendala pemahaman tentang ISAK 35 karena kurangnya sosialisasi kepada pengurus, dan masjid Shalatul Falah menyadari akan lemahnya sumber daya manusia dalam ilmu akuntansi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Laporan Keuangan, ISAK 35, Masjid
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 May 2023 07:50
Last Modified: 11 May 2023 07:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19151

Actions (login required)

View Item View Item