Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan Akibat Pandemi Covid-19 di Sumatera Utara dengan Metode Least Absolute Shrinkage and Selection Operator (LASSO)

Sari, Nur Indah (2022) Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan Akibat Pandemi Covid-19 di Sumatera Utara dengan Metode Least Absolute Shrinkage and Selection Operator (LASSO). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Finall.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB I Logo lama.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB II Logo lama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB III Logo lama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV logo lama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB V logo lama.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA logo lama-1.pdf

Download (473kB)

Abstract

Sumatera Utara merupakan provinsi peringkat ke-17 dengan jumlah penduduk miskin terbanyak pada Maret 2020. Selama tiga tahun terakhir angka kemiskinan di Sumatera Utara berkurang baik secara jumlah maupun persentase. Kemudian terjadi peningkatan persentase kemiskinan di Sumatera Utara pada periode Maret 2020 sampai periode September 2020 yang disebabkan oleh adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kemiskinan akibat pandemi Covid-19 di Sumatera Utara tahun 2020. LASSO merupakan metode yang dapat mengatasi masalah multikolinearitas dengan menyusutkan koefisien variabelnya nol atau mendekati nol sekaligus sebagai seleksi variabel. Perhitungan LASSO dilakukan secara komputasi dengan menggunakan algoritma LARS. Pada penelitian ini dihasilkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan akibat pandemi Covid-19 di Sumatera Utara tahun 2020 yaitu faktor pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka, penduduk bukan angkatan kerja, bantuan sosial pemerintah, indeks pembangunan manusia dan upah minimum kabupaten/kota dengan ketepatan klasifikasi sebesar 99,8%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Kemiskinan, Multikolinearitas, LASSO, LARS.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 May 2023 04:08
Last Modified: 09 May 2023 04:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19116

Actions (login required)

View Item View Item