Metode Bimbingan Rohani Islam Dalam Memotivasi Pasien Diabetes Melitus Di Rumah Sakit Laras Kec Bandar Huluan Kab Simalungun

Lajuar, Salis Maulana (2022) Metode Bimbingan Rohani Islam Dalam Memotivasi Pasien Diabetes Melitus Di Rumah Sakit Laras Kec Bandar Huluan Kab Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SALIS MAULANA LAJUAR.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB I SALIS MAULANA LAJUAR.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II SALIS MAULANA LAJUAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB III SALIS MAULANA LAJUAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV SALIS MAULANA LAJUAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB V 1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bimbingan rohani islam dalam memotivasi pasien diabetes melitus di Rumah Sakit Laras Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptip guna mendapatkan gambaran (deskripsi) data secara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 1 orang Rohaniawan, 1 orang kepala perawat, dan 2 pasien yang terkena penyakit Diabetes Melitus di Rumah Sakit Laras Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan versi Miles dan Huberman yaitu reeduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan tringulasi teknik, tringulasi sumber, dan tringulasi metode. Hasil penelitian menunjukan, Pembimbing rohani islamadalah seorang pembimbing yang berperan dalam proses pemeliharann, dan penjagaan aktivitas ruhaniah pasien agar keadaan jiwa pasien dapat berada dalam situasi Tenang,sabar,dan dapattermotivasi untuk sembuh. Kondisi pasien yang sedang mengalami sakit fisik, secara psikologis akan mengalami gangguan mental yang akan menyebabkan kecemasan, mudah putus asa, emosional,dan jiwa tidak tenang, oleh karena itu perlu adanya bimbingan rohni agar pasien termotivasi dan memperoleh kesabaran dan dapat menerima sakitnya bahwa itu adalah cobaan dari Allah Swt. Cara memotivasi pasien yang digunakan Rohaniawan dan pihak Rumah Sakit Laras Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun yaitu dengan cara lisan, berdialog dua arah, melakukan pencucian pikiran terhadap pasien, dan memberikan pemahan kepada keluarga pasien.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bimbingan Rohani, Motivasi, Diabetes Melitus, Rumah Sakit.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 May 2023 02:45
Last Modified: 09 May 2023 02:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19106

Actions (login required)

View Item View Item