Hukum terhadap Batasan Tawar Menawar Dalam Memperoleh Keuntungan Ditinjau Dari Perspektif Wahbah Az-Zuhaili (Studi kasus di Pasar Monza Sambu Kelurahan Gang Buntu Kecamatan Medan Timur Kota Medan)

Butar-butar, Muhammad Sukri (2021) Hukum terhadap Batasan Tawar Menawar Dalam Memperoleh Keuntungan Ditinjau Dari Perspektif Wahbah Az-Zuhaili (Studi kasus di Pasar Monza Sambu Kelurahan Gang Buntu Kecamatan Medan Timur Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover sukri.pdf

Download (834kB)
[img] Text
BAB I.docx sukrii.pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB II.docx sukrii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img] Text
BAB III.docx sukrii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.docx sukrii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
BAB V.docx sukrii.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx sukrii.pdf

Download (658kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Hukum Terhadap Batasan Tawar-Menawar Dalam Memperoleh Keuntungan di Tinjau Dari Perspektif Wahbah Az-Zuhaili (Studi Kasus di Pasar Monza Sambu Kelurahan Gang Buntu Kecamatan Medan Timur Kota Medan). Penelitian di latar belakangi masalah batasan tawar-menawar dalam mengambil keuntungan yang di lakukan penjual terhadap konsumen yang di mana tentang berapa persen dalam mengambil keuntungan dalam memperjual belikan pakaian bekas tersebut yang di lakukan penjual. Perlu kita ketahui bahwa di dalam tumpukan maupun susunan pakaian bekas tersebut tidak semua barang yang di perjualbelikan itu tidak berkualitas tetapi ada juga berkualitas bagus (original) dan ini akan mengakibatkan tingginya volume penjual melebihi sepertiga dan beberapa tokoh tempat penjual dalam memperjualbelikan pakaian bekas tersebut modalnya hanya berkisar 3 juta dan dengan harga jual rata-rata 40 ribu bahkan 50. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana proses tawar- menawar yang terjadi di pasar monza sambu Medan Kecamatan Medan Timur Kelurahan Gang Buntu, Apakah penjual memahami tentang pengaturan pengambilan keuntungan dalam suatu barang, dan bagaimana hukum pengambilan keuntungan tersebut menurut perspektif Wahbah Az-Zuhaili. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (fiel research), yaitu dengan metode deskriptif kualitatif yakni suatu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh data atau informasi sesuai dengan keadaan di lapangan. Metode pengolahan bahan hukum dalam penelitian ini adalah induktif analisis, yang kemudian di simpulkan dengan menggunakan logika berfikir deduktif. Dan adapun sumber datanya yaitu primer dan sekunder mengenai akhir penelitian bahwasanya setiap batasan tawar-menawar dalam memperoleh keuntungan di pasar monza sambu Medan tidak terlihat sangat efisien di mana kalkulasi harga yang di tetapkan penjual terhadap konsumen selalu tidak stabil dan di tambah lagi mengenai kualitas pakaian menjadi patokan harga yang harus sesuai dengan pakaian tersebut dan kadang penjual mengambil kesempatan terhadap konsumen yang tidak mengetahui harga pasar dan juga bisa jadi di pengaruhi oleh pembatasan ppkm oleh pemerintah. Dan dalam pandangan perspektif Wahbah Az-Zuhaili tentang batasan mengambil keuntungan dalam menetapkan batasan tawa-menawar yaitu sepertiga di mana menurut Wahbah Az- Zuhaili itu sudah cukup banyak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum, Batasan,Tawar-Menawar, Keuntungan,
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 May 2023 02:24
Last Modified: 09 May 2023 02:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19102

Actions (login required)

View Item View Item