Analisis rasio keuangan Baznas dalam pencapaian efektivitas dan efisiensi pengelolaan dana zakat infak sedekah pada baznas Provinsi Sumatera Utara

Matondang, Aryawan Saputra (2021) Analisis rasio keuangan Baznas dalam pencapaian efektivitas dan efisiensi pengelolaan dana zakat infak sedekah pada baznas Provinsi Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (768kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (847kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rasio keuangan BAZNAS dalam pencapaian efektivitas dan efisiensi pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah pada BAZNAS provinsi Sumatera Utara periode 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pencapaian efektivitas penyaluran dana zakat, infak dan sedekah periode 2019 pada BAZNAS Sumatera Utara berdasarkan rasio aktivitas secara keseluruhan tidak efektif. Hal ini dikarenakan masih terdapat dana zakat, infak dan sedekah yang belum tersalurkan atau mengendap di BAZNAS Sumut pada periode 2019. Pencapaian efektivitas pengumpulan dan penyaluran dana ZIS pada BAZNAS Sumut periode 2019 secara keseluruhan tidak baik. Hal ini menunjukkan masih kurangnya kemampuan BAZNAS Sumut dalam kegiatan penghimpunan dan penyaluran pada periode 2019. Pencapaian efisiensi dalam kegiatan operasional dan penghimpunan pada BAZNAS Sumut periode 2019 masih kurang efisien. Biaya operasional yang dikeluarkan dalam kegiatan pengelolaan dana ZIS masih terlalu besar. BAZNAS Sumut harus memperhatikan efisiensi kegiatan operasionalnya dan meningkatkan pertumbuhan pengumpulan dan penyaluran dana zakat, infak dan sedekah dengan membuat strategi yang lebih baik dalam hal pengumpulan dana zakat, infak dan sedekah untuk mencapai efektivitas tujuan BAZNAS dan pencapaian potensi ZIS di Sumatera Utara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasio Keuangan BAZNAS, Zakat Infak Sedekah, Efektivitas, Efisiensi
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 May 2023 08:35
Last Modified: 08 May 2023 08:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19095

Actions (login required)

View Item View Item