Tradisi Makan Nasi Hadap-Hadapan Pengantin Sebagai Bimbingan dalam Pernikahan pada Masyarakat Melayu Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai

Muzzamil, Muzzamil (2023) Tradisi Makan Nasi Hadap-Hadapan Pengantin Sebagai Bimbingan dalam Pernikahan pada Masyarakat Melayu Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rangkaian proses tradisi makan nasi hadap-hadapan pada pernikahan masyarakat Melayu Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai dan Untuk mengetahui nilai-nilai yang dapat dijadikan sebagai bimbingan pernikahan dalam tradisi makan nasi hadap-hadapan pada pernikahan masyarakat Melayu Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana peneliti langsung kelapangan dan mewawancarai secara tatap muka narasumber atau informan penelitian ini. Penelitian deskriptif kualitatif dapat membantu peneliti untuk memperoleh jawaban atas suatu gejala, fakta, dan realita yang dihadapi, sekaligus memberikan pemahaman dan pengertian baru atas masalah tersebut sesudah menganalisis data yang ada. Hasil yang didapatkan bahwa rangakaian proses tradisi makan nasi hadap- hadapan pada pernikahan masyarakat Melayu Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai yaitu ada proses mencabut bunga, mengambil nasi segenggam, mencari ayam, suap-suapan, minum dengan tangan bersilang, acara makan bersama, dan pembagian makanan itu semua dilakukan sesuai adat istiadat Melayu Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai yang dipimpin langsung oleh Telangkai dan para tokoh adat melayu yang ada di Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Nilai-nilai yang dapat dijadikan sebagai bimbingan pernikahan dalam tradisi makan nasi hadap-hadapan pada pernikahan masyarakat Melayu Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai adalah ada beberapa nilai yang dapat diambil untuk dijadikan bimbingan pernikahan di dalam makan nasi hadap-hadapan adat melayu Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai ini yaitu pertama nilai silaturahmi, nilai etika atau adab, nilai saling menghargai dan juga nilai kejujuran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Makan Nasi Hadap-hadapan, Pernikahan Adat Melayu, Nilai-nilai Bimbingan Pernikahan.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 May 2023 02:14
Last Modified: 08 May 2023 02:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19071

Actions (login required)

View Item View Item