Wicaksono, Wegiq Trsietya (2022) Etika Pendidik Menurut Imam Hasan Ali Bin Habib Al-Bashari Al- Mawardi Dalam Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
cover.pdf Download (663kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (33kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Etika Pendidik Menurut Imam Hasan Ali Bin Habib Al-Bashari Al-Mawardi Dalam Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad- Din Metode penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data adalah dengan Teknik konten analisis. Adapun hasil penelitian yang telah penulis analisis tentang Etika Pendidik Menurut Imam Hasan Ali Bin Habib Al-Bashari Al-Mawardi Dalam Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din adalah sebagai berikut: (1) Etika pendidik terhadap Allah, a. Seorang pendidik ketika mendidik peserta didiknya harus memiliki niat yang tulus dari dalam hatinya hanya menghadap ridho dari Allah semata. b. Dilarang untuk seorang pendidik mendekati hal-hal yang syubhat dan harus memiliki sifat kanaah. c. Seorang pendidik harus mengamalkan ilmu yang dimilikinya dan senantiasa mematuhi segala perintah Allah SWT. (2) Etika pendidik terhadap dirinya sendiri, a. Dilarang untuk pendidik untuk mengikuti hawa nafsunya ketika memberikan pendapat yang dapat menyebabkan menentang kebenaran dan menyalahi aturan agama. b. Seorang pendidik harus mengatakan apa yang ia lakukan, jangan menyuruh apa yang ia tidak laksanakan, dan tidak merahasiakan selain apa yang ia tampakkan. c. Seorang pendidik wajib memiliki sifat yang tawaduk dan menjauhi ujub. (3) Etika pendidik terhadap ilmu, a. Seorang pendidik tidak boleh pelit terhadap ilmu yang mereka punya dan enggan untuk melarang diri mereka memberikan ilmu kepada peserta didik. b. Jika seorang pendidik tidak tahu tentang suatu ilmu maka dibolehkan untuknya untuk mengatakan tidak tahu. c. Janganlah seorang pendidik merasa kanaah terhadap ilmu yang ia miliki. (4) Etika pendidik terhadap peserta didik, a. Memotivasi peserta didik untuk selalu belajar dan janganlah membuat peserta didik untuk putus asa. b. Dilarang keras untuk seorang pendidik melakukan tindakan kekerasan, meremehkan, dan menyepelekan peserta didik. Alangkah lebih baiknya bersikap lemah lembut terhadapnya. c. Seorang pendidik dituntut untuk memberikan nasihat terhadap peserta didiknya dan bersikap lembut. Kemudian, memberikan seluruh kemampuan terbaiknya untuk memudahkan para peserta didik menerima Pendidikan yang diberikan olehnya.Gunakanlah metode konsultasi dan wacana untuk mengajar seorang sultan dan janganlah menggunakan metode pengajaran dan memberikan ilmu. Gunakanlah metode konsultasi dan wacana untuk mengajar seorang sultan dan janganlah menggunakan metode pengajaran dan memberikan ilmu. Jikalau beliau melakukan kesalahan tegurlah dengan menawarkan untuk memperbaiki kekeliruannya dan janganlah secara terang-terangan. e. Seorang pendidik harus bisa mengkualifikasikan ilmu yang akan diberikan kepada sultan. f. Seorang pendidik jangan memulai pelajarannya terhadap para sultan kecuali setelah ia dipanggil olehnya. Dan janganlah menambah pelajaran di atas kadar kecukupan. g. Seorang pendidik harus memiliki firasat untuk mengetahui batas kemampuan peserta didiknya dan mengkualifikasikan peserta didiknya.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika, Pendidik. |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 05 May 2023 02:44 |
Last Modified: | 05 May 2023 02:44 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19041 |
Actions (login required)
View Item |