Terapi Kesehatan Mental Terhadap Pasien Obsessive Compulsive Disorder (Ocd) Dewasa Awal Di Hospital Sultanah Aminah, Johor, Malaysia

Ghafar, Nur Ismahani Fatin Binti Mohd. (2021) Terapi Kesehatan Mental Terhadap Pasien Obsessive Compulsive Disorder (Ocd) Dewasa Awal Di Hospital Sultanah Aminah, Johor, Malaysia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Perpustakaan.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Terapi Kesehatan Mental Terhadap Pasien Obsessive Complusive Disorder Dewasa Awal di Johor, Malaysia. Jeneis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan Teknik observasi partisipan, pengamatan ini dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan dan mendapatkan segala data berasal dari subjek penelitian dan narasumber pihak Hospital Sultanah Aminah yang terkait dengan penelitian. Melakukan wawancara dengan pegawai psikologi departemen psikiatri Hospital Sulatanah Aminah, serta pasien-pasien yang menderita gangguan Obsessive Complusive Diosrder (OCD) dan mendapatkan rawatan di departemen psikiatri Hospital Sultanah Aminah, Johor, Malaysia. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa kegiatan yang dilakukan dengan diagnosis awal oleh doctor dan psikolog berdasarkan referensi DSM-V dan mendapatkan bimbingan konseling secara individu dari psikolog yang menggunakan metode konseling Cognitive Behavioral Theraphy (CBT), metode agama, metode alat teknologi modern, metode temu bual motivasi, berolahraga dan relakssasi, serta medikasi obat-obatan dari dokter. Adapun hambatan yang dihadapi pasien OCD ialah pasien tidak memiliki semangan yang kuat dan mudah menyerah dalam proses perawatannya, dan bisa saja memliki kecemasan yang berlebihan yang mengakibatkan pasien mengalami pertindihan penyakit dari gangguna jiwa yang lain. Adapun hasil yang dicapai pasien OCD yaitu adanya membantu pasen mengindentifikasi solusi yang lebih baik dalam menangai masalah yang dihadapi dan mengendalikan kecemasan terhadap perilakukan yang menyimpang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi Kesehatan Mental, Obsessive Complusive Disorder (OCD), Dewasa Awal
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Apr 2023 06:49
Last Modified: 18 Apr 2023 06:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18913

Actions (login required)

View Item View Item