Bentuk Teknik Pengamatan Tingkah Laku Senpai Dalam Meningkatkan Ketahanan Mental Kohai Diperguruan Dojo Zidam Gabdika Shitoryu Kai MedanTembung

Khoirunnisa, Khoirunnisa (2022) Bentuk Teknik Pengamatan Tingkah Laku Senpai Dalam Meningkatkan Ketahanan Mental Kohai Diperguruan Dojo Zidam Gabdika Shitoryu Kai MedanTembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI NISA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI NISA.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI NISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI NISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI NISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI NISA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI NISA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk teknik pengamatan tingkah laku apa yang diberikan senpai untuk meningkatkan ketahanan mental kohai diperguruan dojo zidam gabdika shitoryu kai medan tembung dan bagaimana proses teknik pengamatan tingkah laku tersebut dapat meningkatkan ketahanan mental kohai. Pedekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif guna mendapatkan gambaran (deskripsi) data secara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yaitu 1 senpai dan 9 kohai yang ada diperguruan dojo zidam gabdika shitoryu kai medan tembung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan versi Miles dan Huberman. Bentuk ketahanan mental yang diberikan senpai adalah memberikan latihan secara fisik maupun psikis, menanamkan rasa disiplin, tanggung jawab dan kesadaran, memberikan nasehat agar dapat mempengaruhi sugesti mereka, sikap dan perilaku yang baik, mengadakan diskusi setiap minggunya agar mereka dapat dengan mudah mengeluarkan pedapat dan keluh kesahnya, mengenalkan kepada mereka bagaimana cara melatih emosi pada saat ujian dan pertandingan agar bisa mengendalikandirinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk teknik pengamatan tingkah laku yang diberikan senpai adalah teknik modeling partisipan dengan cara memberikan perhatian, representasi, produksi perilaku, motivasi dan penguatan. Dengan hasil bahwa teknik modeling partisipan tersebut efektif diberikan kepada murid atau kohai untuk meningkatkan ketahanan mental kohai karate dojo zidam medan tembung dalam mengahadapi ujian, perlombaan dan tampil didepan orang banyak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karate, kohai, ketahanan mental, modeling partisipan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:53
Last Modified: 18 Apr 2023 04:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18903

Actions (login required)

View Item View Item