Efektivitas Perda Kabupaten Langkat Nomor 13 Tahun 2011 tentang retribusi pelayanan pasar di pasar baru Stabat (Tinjauan Fiqh Siyasah)

Melwa, Rozana Putri (2021) Efektivitas Perda Kabupaten Langkat Nomor 13 Tahun 2011 tentang retribusi pelayanan pasar di pasar baru Stabat (Tinjauan Fiqh Siyasah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pasar adalah sebagai tempat untuk melakukan transaksi-transaksi perdagangan. Fungsi pasar sendiri merupakan salah satu sarana pokok untuk menggerakkan dan meningkatkan perekonomian. Pasar perlu dikelola, ditata, dan diatur supaya roda perekonomian masyarakat daerah dapat berjalan dengan lancar. Sumber pendapatan daerah salah satunya diantaranya adalah Retribusi Pasar. Retribusi pasar dipungut oleh pemerintah daerah. Retribusi ini dikenakan kepada setiap pedagang yang memanfaatkan fasilitas pasar. Besarnya tarif retribusi berbeda-beda, ditentukan berdasarkan kelas pasar dan tempat yang digunakan. Retribusi daerah mempunyai peranan yang sangat penting dan besar terhadap pelaksanaan otonomi daerah dan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hasil pemerintah daerah yang bersangkutan, terfokus pada kesejahteraan rakyat. Salah satu jenis retribusi yang diselenggarakan di Kabupaten Langkat tepatnya di Pasar Baru Stabat adalah retribusi pelayanan pasar, yang dilaksanakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Daerah Kabupaten Langkat Nomor 13 Tahun 2011. Dalam kajian Fiqh Siyasah dusturiyyah juga membahas ilmu Tata Negara Islam yang secara spesifik membahas mengenai seluk beluk pengaturan kepentingan ummat manusia pada umumnya dan negara pada khususnya, berupa penetapan hukum, peraturan, dan kebijakan oleh pemegang kekuasaan yang bernafaskan atau sejalan dengan ajaran agama islam, guna mewujudkan kemaslahatan bagi manusia dan terhindar dari berbagai kemudaratan yang mungkin timbul dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang dijalaninya. Permasalahan yang dihadapi yaitu untuk mengukur bagaimana tingkat tercapainya suatu tujuan terkait Perda Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Pasar, serta Bagaimana keberadaan Perda Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Pasar di Tinjau dari Fiqh Siyasah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian yuridis empiris, yaitu penelitian yang dilakukan terhadap keadaan sebenarnya atau keadaan nyata dan terjadi ditengah masyarakat dengan mengetahui dan menemukan fakta-fakta dan data yang dibutuhkan, dengan menggunakan metode wawancara dari narasumber yang dibutuhkan, dengan dihubungkan dengan peraturan pemerintah daerah Kabupaten Langkat. Penerapan dan keefektivan mengenai Retribusi Pelayanan Pasar di Pasar Baru Stabat dengan pengaplikasian pemungutan retribusi pasar dengan penerapan yang terjadi di lapangan memiliki beberapa hambatan yang menjadi faktor ketidakfektivan antara pemerintah dengan rakyatnya, adanya PKL liar yang berjualan di sekitar lokasi luar pasar. Kepada pedagang tersebut untuk menaati peraturan untuk membayar retribusi dan memberikan himbauan untuk meningkatkan kesadaran bahwa membayar retribusi itu sebuah kewajiban, dengan melakukan sosialisasi peraturan kepada pedagang dan melakukan penertiban.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:35
Last Modified: 18 Apr 2023 03:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18892

Actions (login required)

View Item View Item