Analisis Literasi Digital Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Angkatan 2017 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Shakila, Amy Noor (2022) Analisis Literasi Digital Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Angkatan 2017 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (891kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (783kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi digital mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Angkatan 2017 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan berdasarkan kompetensi literasi digital Paul Gilster. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Program Studi Ilmu Perpustakaan Angkatan 2017 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan yang berjumlah 7 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Angkatan 2017 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan secara umum menguasai beberapa aspek kompetensi literasi digital. Terutama kemampuan internet searching yaitu memanfaatkan search engine untuk mencari informasi dan search engine yang digunakan google, dan menggunakan strategi boolean logic untuk memperoleh informasi yang relevan. Pada aspek hypertextual navigation memahami hyperlink meskipun belum memahami hypertext, mahasiswa mengetahui kriteria website yang dapat digunakan sebagai referensi. Aspek content evaluation mahasiswa ketika memperoleh informasi di internet akan menganalisisnya untuk mengetahui relevan tidak informasi tersebut dengan yang dibutuhkan dan melakukan evaluasi alamat website untuk memastikan alamat resmi atau tidak yang dapat dijadikan sebagai referensi. Dan pada aspek knowledge assembly mahasiswa melakukan cross check untuk memastikan informasi yang diperoleh akurat dan relevan dan mampu meyusun informasi yang diperoleh yaitu akan mencantumkan sumber referensi untuk mengindari tindakan plagiat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: literasi digital, mahasiswa program studi ilmu perpustakaan angkatan 2017 UINSU
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:44
Last Modified: 17 Apr 2023 05:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18879

Actions (login required)

View Item View Item