Penerapan Metode Ekstraksi Fitur Warna Dan K-Nearest Neighbor (K-NN) Untuk Menentukan Tingkat Kematangan Buah Alpukat Mentega

Ardianti, Wina Fadia (2022) Penerapan Metode Ekstraksi Fitur Warna Dan K-Nearest Neighbor (K-NN) Untuk Menentukan Tingkat Kematangan Buah Alpukat Mentega. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Sampai Daftar Lampiran Skripsi Wina Fadia Ardianti.pdf

Download (822kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI WINA FADIA ARDIANTI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI WINA FADIA ARDIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI WINA FADIA ARDIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI WINA FADIA ARDIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI WINA FADIA ARDIANTI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Dan Lampiran-Lampiran Skripsi Wina.pdf

Download (423kB)

Abstract

Komputerisasi saat ini membutuhkan sistem pengujian serta pengembangan sistem lebih lanjut yaitu ekstrasi fitur warna dengan KNN. Topik yang dapat diangkat dipenelitian ini adalah tentang tingkat kematangan buah berdasarkan warna dan tekstur. Alpukat adalah salah satu bahan konsumsi yang sangat dianjurkan untuk siapa saja, karena mempunyai kandungan protein yang tinggi di dalamnya. Dipenelitian ini mendeskripsikan dengan menggunakan metode algoritma KNN dan Ektrasi fitur agar mendapatkan hasil yang lebih efektif, maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam memilih tingkat kematangan pada buah alpukat mentega dikarenakan masyarakat masih minim pengetahuan tentang kematangan buah alpukat tersebut. Di penelitian ini pengujian dilakukan dengan cara mendekatkan buah alpukat tersebut ke kamera handphone atau laptop yang telah terhubung dengan website peneliti, setelah didekatkan buah ke kamera maka masyarakat harus melakukan ambil foto atau menekan timer di tombol button yang tersedia lalu secara otomatis website akan menyocokan warna alpukat tersebut ke sistem, lalu sistem akan menghasilkan output berdasarkan warna tersebut dengan outputan tingkat kematangan dari buah tersebut dan keterangan dari buah alpukat tersebut. Data uji dipenelitian ini menggunakan beberapa objek jenis alpukat diantara nya yaitu: Mentah, Setengah Matang, Matang, Kematangan, Membusuk. Terdiri dari 55 sampel data dimana 11 sampel alpukat mentah, 11 sampel alpukat setengah matang, 11 sampel alpukat matang, 11 sampel alpukat kematangan dan 11 sampel alpukat sudah membusuk. Dengan adanya website ini dapat mengatasi permasalahan dalam menentukan tingkat kematangan buah Alpukat mentega.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alpukat Mentega, Ektrasi Fitur warna, K-Nearest neighbor, Data Mining.
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Apr 2023 04:06
Last Modified: 16 Apr 2023 04:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18843

Actions (login required)

View Item View Item