Hubungan Tingkat Stres Dengan Perilaku Makan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mardhiah, Dinda (2023) Hubungan Tingkat Stres Dengan Perilaku Makan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (557kB)

Abstract

Stres tidak dapat dipisahkan dari setiap aspek kehidupan seseorang, stres dapat dialami oleh siapa saja. Mahasiswa tingkat akhir merupakan salah satu masyarakat yang rentan mengalami stres yang disebabkan oleh tuntutan akademik. Tingkat stress seseorang dapat membawa dampak negatif dan dampak positif bagi individu. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya Hubungan Tingkat Stres dengan Perilaku Makan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat analitik dengan rancangan penelitian cross sectional survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat akhir di fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, yang terdiri dari angkatan 2016, 2017 dan 2018, sampel pada penelitian ini adalah 78 dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengambilan data yaitu pengisian kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stress dengan perilaku makan pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dengan p value = 0,009 yang diperoleh dari uji chi square, (2) tingkat stress dengan kategori ringan sebesar 5.1%, stress sedang sebesar 60.3% dan stress berat sebesar 34.6%, (3) tingkat perilaku makan dengan kategori rendah sebesar 3.8%, tingkat perilaku makan sedang sebesar 28.2% dan tingkat perilaku makan tinggi sebesar 67.9%. Saran : bagi mahasiswa tingkat akhir sangat penting mengetahui keadaan stressor yang sedang dialami agar dapat melakukan coping strategy stress yang positif sehingga terhindar dari perilaku negative salah satunya perilaku makan, pihak universitas perlu dilakukan penyelenggaraan penyuluhan mengenai stressor bagi mahasiswa agar mahasiswa agar mahasiswa lebih peduli dan paham dalam menangani keadaan stress atau emosional yang berlebihan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan Tingkat Stres, Perilaku Makan, dan Mahasiswa Akhir
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Apr 2023 05:39
Last Modified: 14 Apr 2023 05:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18824

Actions (login required)

View Item View Item