Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Siswa Terdampak Pengaruh Negatif Game Online (Scatter) di SMK Negeri 2 Kotanopan

Simamora, Anggina Jamilah (2022) Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Siswa Terdampak Pengaruh Negatif Game Online (Scatter) di SMK Negeri 2 Kotanopan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ANGGINA SIMAMORA-1.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB 1 ANGGINA SIMAMORA.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB 2 ANGGINA SIMAMORA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3 ANGGINA SIMAMORA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB 4 ANGGINA SIMAMORA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
BAB 5 ANGGINA SIMAMORA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN ANGGINA SIMAMORA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang mengahasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dari perilaku yang dapat diamati dari orang- orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi partisipatif. Maskudnya adalah salah satu metode pengumpulan data kualitatif yang dilakukan dengan melakukan pengamatan secara dekat dengan sekelompok orang/masyarakat/budaya beserta kebiasaan mereka dengan melibatkan diri secara intensif kepada sekelompok orang/masyarakat/budaya dalam waktu tertentu untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang kebiasaan atau budaya orang tersebut. Artinya dalam penelitian ini penulis harus turut berpartisipasi dalam permainan Higgs Domino Island (Scatter) ini dengan cara memainkan game tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengurangi frekwensi bermain game Scatter anak ketika pembelajaran berlangsung. Subjek dan objek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru BK dan siswa SMK Negeri 2 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Instrumen penelitian adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Layanan bimbingan kelompok merupakan adalah salah satu layanan bimbingan yang diberikan kepada siswa secara bersama-sama atau kelompok agar kelompok itu bisa besar, kuat dan mandiri. Game online adalah game yang terhubung dengan koneksi internet atau LAN sehingga pemainnya dapat terhubung dengan pemain lainnya yang memainkan permainan yang sama. Higgs Domino merupakan Game berbasis android yang didalamnya terdapat situs atau aplikasi yang menyediakan berbagai Game, mulai dari domino, kartu, puzzle, dan slot yang menjadi sarana untuk mengumpulkan banyak Chip yang didapat dari kemenangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Bimbingan Kelompok sudah diterapkan di SMK Negeri 2 Kotanopan sebagai pencegahan dampak negatif dari game Scatter. Game Online Scatter ini banyak membawa pengaruh yang negatif terhadap diri siswa. Salah satunya adalah kecanduan. Ketika anak/pengguna sudah candu dengan game Scatter ini membuat penggunanya tidak akan mengenal waktu, kapan dan dimanapun, bahkan di dalam kelas sekalipun. Menurunnya sopan santun anak akibat terlalu fokus dengan game yang dimainkannya dan tak jarang pengguna sering mengeluarkan kata-kata kotor ketika memainkan game Scatter ini. Dengan adanya layanan bimbingan kelompok dapat membantu siswa dalam mengurangi frekwensi bermain mereka, sehingga mereka dapat membedakan hal yang baik dan buruk, sisi negatif maupun positifnya. Walaupun perubahan yang terjadi pada pengguna game Scatter di SMK Negeri 2 Kotanopan belum sepenuhnya berubah total, tetapi satu persatu perubahan sudah mulai terlihat. Salah satunya adalah ketika pembelajaran berlangsung siswa sudah mulai menyimpan handphonenya masing-masing dan mengikuti pembelajaran di kelas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Game Online, Scatter
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Apr 2023 05:01
Last Modified: 14 Apr 2023 05:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18818

Actions (login required)

View Item View Item