Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai

Purba, Dian Fahrio Asmara (2022) Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover dan Persetujuan.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (944kB)

Abstract

Latar Belakang: Penyebab kecelakaan kerja dikarenakan SMK3 belum sepenuhnya diterapkan, selain itu juga faktor manusia yang menentukan dan merupakan faktor yang harus ada, maka sebagian besar aktivitas manajemen harus ditunjukkan kepada masalah manusia agar memiliki sikap yang tepat, semangat yang baik, dan mampu menggunakan cara-cara kerja dan sarana yang baik. Tujuan penelitian: untuk mengetahui bagaimana penerapan program SMK3 di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Binjai. Metode Penelitian: menggunakan penelitian deskriptif dengan jenis pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil: BPBD Kota Binjai memperlihatkan kinerja yang baik dalam hal Kebijakan, Pelaksanaan, Penerapan serta Pengukuran dan Evaluasi walaupun masih belum dikatakan maksimal. Dikarenakan masih ada beberapa point dalam Permenaker No. 05/MEN/1996 yang belum terpenuhi. seperti belum adanya pencatatan struktur khusus K3 di BPBD Kota Binjai, tidak adanya anggaran khusus P2K3, belum membuat perencanaan terkait Sistem Manajemen, belum maksimal dalam mengkomunikasikan terkait SMK3, tidak dapat menunjukan bukti telah di lakukan inspeksi atau Audit mengenai Sistem Manajemen K3, namun BPBD Kota Binjai telah tersedia bidang khusus yang menangani keadaan kesiapsiagaan, tersedia pembagian personel di bidang komunikasi, pelaporan, dan pendokumentasian, dan tersedia juga fasilitas APD, P3K dalam menghadapi insiden dalam bekerja. Saran: Diharapkan untuk membuat struktur organisasi dan menetapkan SK Khusus untuk pegawai BPBD Kota Binjai dan membuat perencanaan Identifikasi Bahaya serta membuat catatan inspeksi agar nantinya mudah untuk dilakukan evaluasi dan audit SMK3. Kepada pemerintah Kota Binjai diharapkan dapat mengalokasikan anggaran khusus untuk melaksanakan program perlindungan K3 di Kantor BPBD Kota Binjai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Apr 2023 08:05
Last Modified: 13 Apr 2023 08:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18798

Actions (login required)

View Item View Item