Analisis Perilaku Moral Hazard dan Adverse Selection pada Agency Problem di Pembiayaan Musyarakah PT. Bank Sumut KCPSY Binjai

Abdillah, Prayugo Ali (2022) Analisis Perilaku Moral Hazard dan Adverse Selection pada Agency Problem di Pembiayaan Musyarakah PT. Bank Sumut KCPSY Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (948kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perilaku dan cara menangani agency problem yang disebabkan oleh perilaku moral hazard dan adverse selection pada pembiayaan musyarakah di PT. Bank Sumut KCPSY Binjai. Agency problem yaitu masalah keagenan dalam skema produk musyarakah.. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini meliputi dua kategori, yaitu data primer dan data sekunder. Subjek pada penelitian ini adalah karyawan PT. Bank Sumut KCPSY Binjai pada bagian pengelolaan yang berkompetensi di bidang pembiayaan musyarakah. Hasil penelitian diketahui bentuk perilaku moral hazard dan adverse selection pada PT. Bank Sumut KCPSY Binjai yaitu sulitnya bank menilai karakter asli dari nasabah, kesalahan dalam analisa, penyimpangan etika serta kurangnya pengawasan (monitoring) yang dilakukan oleh bank. PT. Bank Sumut Kantor KCPSY Binjai melakukan berbagai upaya dari screening, verifikasi sampai monitoring. Lebih lanjut, jika masalah moral hazard dan adverse selection telah terjadi maka bank akan menanganinya dengan dua cara yaitu penyelamatan pembiayaan yang berupa penjadwalan kembali (rescheduling) pertama, persyaratan kembali (reconditioning), penataan kembali (restructuring) dan penyelesaian pembiayaan bermasalah dengan cara penagihan, gugatan hukum, eksekusi lelang hak tanggungan, dan WO (Write Off).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: moral hazard ,adverse selection, agency problem pembiayaan musyarakah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:51
Last Modified: 12 Apr 2023 04:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18751

Actions (login required)

View Item View Item