Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemakaian Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Implan Di Wilayah Kerja Puskesmas Sei Apung Kab. Asahan

Wahyuni, Sri (2023) Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemakaian Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Implan Di Wilayah Kerja Puskesmas Sei Apung Kab. Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVERR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kontrasepsi implan memberikan kontribusi besar dalam membantu mengendalikan jumlah penduduk dengan cara mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Permasalahan di wilayah kerja Puskesmas Sei Apung Kab. Asahan yaitu rendahnya jumlah partisipasi akseptor kb untuk menggunakan implan di Puskesmas serta kurang aktifnya kader dalam mengajak para akseptor kb untuk menggunakan implan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemakaian kb implan di puskesmas Sei Apung Kab. Asahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah akseptor kb sebanyak 107 orang yang diperoleh dari rumus dua proporsi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Probability Sampling. Analisis data menggunkana uji statistic Chi-Square dengan nilai α=0.05. Hasil Penelitian menyatakan bahwa ada hubungan antara pengetahuan (p-value 0.001); sikap (p-value 0.003),informasi dari petugas kesehatan (p-value 0.005), dukungan suami (p-value 0.005) dengan pemakaian implan . Tidak ada hubungan antara akses ke pelayanan kesehatan (p-value 0.064) dengan pemakaian implan . Saran agar Puskesmas melakukan upaya promotif kepada akseptor kb yang tinggal di wilayah kerja puskesmas dan kader maupun akseptor lainnya agar dapat mengajak, menyebarluaskan informasi terkait implan kepada yang lain.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemakian Implan, Faktor yang Mempengaruhi, Akseptor
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:27
Last Modified: 12 Apr 2023 03:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18731

Actions (login required)

View Item View Item