Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Pengrajin Dan Pengembangan Usaha Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pengrajin Toto Jaya Bingkai Di Kecamatan Medan Area)

Hasibuan, Reni Hermila (2023) Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Pengrajin Dan Pengembangan Usaha Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pengrajin Toto Jaya Bingkai Di Kecamatan Medan Area). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI RENI HSB.pdf

Download (898kB)
[img] Text
BAB I RENI HSB.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II RENI HSB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB III RENI HSB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV RENI HSB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V RENI HSB.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RENI HSB .pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran ekonomi kreatif dalam meningkatkan pendapatan pengrajin Toto Jaya Bingkai (2) mengetahui peran ekonomi kreatif dalam meningkatkan pengembangan usaha pada pengrajin Toto Jaya Bingkai (3) mengetahui peran ekonomi kreatif dalam meningkatkan pendapatan pengrajin dan pengembangan usaha Toto Jaya Bingkai menurut perspektif ekonomi Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) setelah adanya Toto Jaya Bingkai di Kelurahan Kotamatsum II Kabupaten Medan Area, terlihat sebanyak 6 orang pengrajin mengalami peningkatan pendapatan di tahun 2020-2021 dan sudah memiliki penghasilan tetap (2) Toto Jaya Bingkai juga dapat memberikan peranan dalam upaya pengembangan usaha pengrajin Toto Jaya Bingkai dengan menerapkan beberapa upaya/strategi yaitu produksi, harga, lokasi serta distribusi, dan promosi. Dari beberapa strategi yang telah diterapkan diharapkan mampu untuk meningkatkan tingkat produksi bertambah dan meningkatkan pendapatan pengrajin. (3) Serta dalam mengelola usahanya para pengrajin Toto Jaya Bingkai juga telah menerapkan prinsip Ekonomi Islam seperti prisip ketuhanan/tauhid, prinsip keadilan, prinsip tanggungjawab dan prinsip kebenaran sehingga tidak merugikan salah satu pihak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Ekonomi Kreatif, Pendapatan, Pengembangan Usaha, Perspektif Ekonomi Islam.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Apr 2023 15:41
Last Modified: 11 Apr 2023 15:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18718

Actions (login required)

View Item View Item