Pemenuhan Hak Pemeliharaan Dan Pendidikan Anak Beda Agama Dengan Orang Tuanya Perspektif Fungsionaris Majelis Ulama Indonesia (Mui) Kota Binjai (Studi Kasus di Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat)

Aulia, Rizki Khairi (2023) Pemenuhan Hak Pemeliharaan Dan Pendidikan Anak Beda Agama Dengan Orang Tuanya Perspektif Fungsionaris Majelis Ulama Indonesia (Mui) Kota Binjai (Studi Kasus di Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Kiki.pdf

Download (492kB)
[img] Text
Repository KIKI-Bab1.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Repository KIKI-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
Repository KIKI-bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
Repository KIKI bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
Repository KIKI-bab5.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Repository KIKI lampiran.pdf

Download (625kB)

Abstract

Dalam peneletian ini membahas mengenai pemenuhan hak dan kewajiban orang tua terhadap anak dalam hal pemeliharaan dan pendidikan pada keluarga beda agama yang terjadi di Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai. Fenomena yang terjadi dilapangan adalah didalam satu keluarga terdapat perbedaan keagamaan antara orang tua dengan anak yang mana akan menimbulkan permasalahan tentang pemenuhan hak dan kewajiban antara keduanya, sebagaimana kasus yang peneliti temukan dalam penelitian ini bahwa orang tua yang sudah berbeda agama dengan anaknya mengabaikan atau bahkan tidak memberikan izin kepada si anak yang masih beragama Islam mendapatkan pendidikan agama Islam sebagaimana ketentuan yang ada didalam Kompilasi Hukum Islam. Maka dari itu penulis melakukan penelitian lebih dalam mengenai dengan bebrapa rumusan masalah berikut bagaimana praktik pemenuhan hak pemeliharaan dan pendidikan orang tua beda agama dengan anaknya di Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat, apa faktor penyebab hak pemeliharaan dan pendidikan dari orang tua beda agama dengan anaknya tersebut dapat terjadi menurut hukum positif dan hukum Islam dan bagaimana pandangan MUI Kota Binjai tentang pemenuhan hak pemeliharaan dan pendidikan orang tua beda agama dengan anaknya di Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatakan yuridis empiris yang menggunakan sumber data primer dan juga sekunder. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Library Research, yaitu penelitian yang menggunakan buku sebagai bahan literatur dan Field yaitu penelitian lapangan dengan mengumpulkan dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bentuk analisis kualitatif yang disajikan dalam bentuk deksriptip. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan hasil bahwa fenomena keluarga beda agama dalam kehidupan sehari-hari terkhusus di Kelurahan Suka Ramai ini masih tejadi, dan hal ini mengakibatkan tidak terpenuhinya hak dan kewajiban antara orang tua dan anak sebagaimana yang diatur dalam Undang- Undang perkawinan Pasal 45 dan 46 serta Kompilasi Hukum Islam Pasal 77 ayat 3 dan Pasal 80 ayat 3. Serta adapun faktor yang mempengaruhi terpenuhnya hak dan kewajiban itu menurut hukum positif adalah orang tua tetap harus memberikan tanggung jawabnya dalam hak mendidik dan memelihara anaknya sampai mereka bisa berdiri sendiri atau sudah dewasa. Menurut perspektif Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Binjai, sekalipun orang tua berbeda agama dengan anaknya mereka tetap memeliki kewajiban untuk memelihara dan mendidik anaknya sampai mereka dewasa, dan jika mereka tidak bisa mengajarinya sendiri mereka harus mencari guru untuk mengajari anaknya tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: (Kelurga Beda Agama, Pemenuhan Hak dan Kewajiban, Kewajiban Orantua, Kewajiban Anak, Pandangan Ulama, KHI dan Undang-Undang Perkawinan)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.37 Menyusui dan mengasuh/memelihara anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ahwal Syakhshiyyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Apr 2023 13:47
Last Modified: 11 Apr 2023 13:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18701

Actions (login required)

View Item View Item