Pengembangan Media Jurnal Literasi Harian Siswa Dalam Pengelolaan Sudut Baca Untuk Membangun Budaya Literasi

Nazraini, Lily and Anas, Nirwana (2022) Pengembangan Media Jurnal Literasi Harian Siswa Dalam Pengelolaan Sudut Baca Untuk Membangun Budaya Literasi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6 (2). ISSN 2580-2305

[img] Text
Artikel Lily Nazraini.pdf

Download (340kB)

Abstract

Membangun budaya literasi di sekolah bisa dilakukan melalui banyak hal dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan media jurnal literasi harian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Jurnal Literasi Harian Siswa dalam membangun budaya literasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE teori Branch yang dimodifikasi dari Sugiyono dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian dan pengambangan ini berupa angket, yang terdiri dari angket validasi para ahli dan angket respon dari siswa. Adapun yang menjadi sasaran dalam penelitian yang dilakukan adalah peserta didik kelas 5 SDN No 101766 Bandar Setia sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil pengembangan media jurnal literasi harian siswa yang dibuat oleh penulis layak atau relevan digunakan untuk proses penelitian yang dilakukan oleh penulis, serta respon dari 25 peserta didik mendapat rata-rata skor sebesar 3,80 dengan kategori “Sangat baik” untuk digunakan dalam membangun budaya literasi di sekolah.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: budaya literasi, jurnal harian, siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:06
Last Modified: 10 Apr 2023 04:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18579

Actions (login required)

View Item View Item