Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa MTs Istiqlal Delitua

Ammamiarihta, Ammamiarihta (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa MTs Istiqlal Delitua. Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan, Medan.

[img] Text
Laporan Penelitian Amma Repository.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Group Invvestigation terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Istiqlal Delitua dengan sampel yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII-B (kelas eksperimen yang menggunakan model Group Investigation) sebanyak 32 siswa dan kelas VIII-C (kelas kontrol yang menggunakan model Ekspositori) sebanyak 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Teknik pengambilan sample penelitian ini dengan cara Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t test dan uji independent t test. Hasil temuan dari penelitian adalah bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan atau 61.48>2.045 dengan nilai rata-rata 84,07, (2) Terdapat perbedaan model Group Investigation dan Ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan T hitung > atau . Jika dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model Group Investigation lebih baik dari kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran ekspositori.

Jenis Item: Lainnya
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation, Ekspositori, Kemampuan berpikir kritis matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:24
Last Modified: 10 Apr 2023 02:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18553

Actions (login required)

View Item View Item