Analisis Implementasi Capaian Standar Pelayanan Minimal Pada Kejadian Tuberkulosis di Puskesmas Lingga Tiga Kabupaten Labuhanbatu

Ananda, Hafizhah (2022) Analisis Implementasi Capaian Standar Pelayanan Minimal Pada Kejadian Tuberkulosis di Puskesmas Lingga Tiga Kabupaten Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit menular yang masih menjadi tantangan bagi pemerintah. Kasus TB di Indonesia menempati urutan ketiga tertinggi di dunia pada tahun 2021. Sementara Kabupaten Labuhanbatu menempati urutan ke-lima tertinggi kasus Tuberkulosis di Provinsi Sumatera Utara, namun pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) baru mencapai 36,07% pada tahun 2020. Puskesmas Lingga Tiga merupakan salah satu Puskesmas yang berada di Kabupaten Labuhanbatu dengan capaian SPM Penderita TB hanya mencapai 4,01% pada tahun 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis implementasi capaian SPM pada kejadian TB di Puskesmas Lingga Tiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan SPM pada TB masih belum maksimal karena belum mencapai target 100%. Target kinerja yang tidak terpenuhi dipengaruhi oleh standar dan tujuan kebijakan yang sulit dicapai karena identifikasi sampel pasien yang tidak valid, tidak adanya strategi khusus yang dilakukan Puskesmas dalam memenuhi target capaian Standar Pelayanan Minimal dan pengetahuan serta kemauan pasien yang masih kurang, kurangnya sumberdaya peralatan dan sumber pendanaan, masih terdapatnya petugas yang tidak mengetahui dan memahami isi dari Permenkes Nomor 4 Tahun 2019 tentang SPM, komunikasi koordinasi terkait sosialisasi Permenkes No 4 Tahun 2019 di Puskesmas Lingga Tiga belum menyeluruh dan masih kurang, sikap petugas untuk membaca dan memahami isi tahapan yang harus dilakukan sesuai Permenkes masih kurang, dan faktor sosial masyarakat serta tidak meratanya edukasi sosialisasi yang dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini yang mempengaruhi kinerja SPM kejadian TB di Puskesmas Lingga Tiga yaitu standar dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik organisasi pelaksana, sikap pelaksana dan lingkungan eksternal. Koordinasi antara dinas kesehatan dan puskesmas mengenai penetapan sasaran terduga TB, memperbanyak sosialisasi atau pelatihan terkait dengan capaian SPM Puskesmas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tuberkulosis, Standar Pelayanan Minimal, Puskesmas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:54
Last Modified: 06 Apr 2023 07:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18550

Actions (login required)

View Item View Item