Media pembelajaran scrapbook untuk meningkatkan hasil belaajr siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Keberagaman Budaya Bangsaku

Ardita, Shafa and Anas, Nirwana (2022) Media pembelajaran scrapbook untuk meningkatkan hasil belaajr siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Keberagaman Budaya Bangsaku. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 14 (2). ISSN p-ISSN: 2086-1362, e-ISSN: 2623-2685.

[img] Text
SHAFA ARDITA Artikel Jurnal.pdf

Download (240kB)

Abstract

Proses pembelajaran IPS biasanya dilakukan secara umum dan guru merupakan sumber utama, yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Scrapbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keberagaman budaya bangsaku pada siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development dan Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 17 peserta didik, dan 3 orang sebagai ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan lembar diskusi siswa berbentuk pilihan berganda. Hasil kelayakan dari validasi para ahli yaitu penilaian dari ahli materi memperoleh skor 90,91%, penilaian dari ahli bahasa memperoleh skor 86,67%, dan penilaian dari ahli media memperoleh skor 100%. Berdasarkan keseluruhan dari hasil validasi diperoleh skor 92,52% dan termasuk ke dalam kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil nilai N-Gain yang diperoleh yaitu 0,58 dan termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan nilai N-Gain yang didapatkan bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran Scrapbook cukup efektif serta layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Apr 2023 05:30
Last Modified: 06 Apr 2023 05:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18537

Actions (login required)

View Item View Item