Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kesulitan Belajar Siswa Setelah Daring di SMA Swasta Al-Ulum Medan

Lestari, Tri Indah (2022) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kesulitan Belajar Siswa Setelah Daring di SMA Swasta Al-Ulum Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_(1)[1].pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (973kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV (1).PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan latar belakang yang ada di SMA Swasta Al-Ulum yang menunjukkan adanya siswa yang memiliki kesulitan belajar yang tinggi berdasarkan hasil pengadministrasian AUM PTSDL Format 3:Untuk SLTA yang berkaitan dengan keterampilan belajar. Melalui layanan bimbingan kelompok diharapkan kesulitan belajar siswa dapat menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar siswa sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok, setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok, dan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dapat menurunkan kesulitan belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan melaksanakan dua siklus. Subjek penelitian ini 8 siswa kelas XI IPS-1 di SMA Swasta Al-Ulum Medan yang memiliki kesulitan tertinggi. Metode pengumpulan data menggunkan AUM PTSDL dan observasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberikan tindakan layanan bimbingan kelompok rata-rata persentase siswa adalah 72% dan mengalami penurunan kesulitan belajar pada siklus I adalah 42% dan mampu mencapai penurunan signifikan pada siklus II sebesar 26%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok efektif dalam menurunkan kesulitan belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, bimbingan kelompok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:54
Last Modified: 06 Apr 2023 03:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18518

Actions (login required)

View Item View Item