Implementasi hukum pendaftaran harta benda wakaf dalam tinjauan Fiqih Siyasah (Di Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan)

Indriani, Tiwi (2020) Implementasi hukum pendaftaran harta benda wakaf dalam tinjauan Fiqih Siyasah (Di Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER sudah di perbaiki.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendaftaran tanah masih sangat rendah di Kecamatan Marancar begitu pula dengan pendaftaran tanah wakaf dan juga sertifikasinya, padal kegiatan tersebut dapat melindungi harta benda wakaf tersebut secara hukum agar tidak dapat di ganggu gugat oleh pihak lain yang ingin mengambil alih tanpa cara peralihan hak yang telh di atur dalam Undang-undang yang berlaku saat ini. Adapun yang menjadi permasalahan wakaf tersebut adalah bagaimana pemahaman masyarakat di Kecamatan Marancar terhadap Undang-undang No. 41 tahun 2004 tentang wakaf, bagaimana proses pendaftaran harta benda wakaf di Kecamatan Marancar, bagaimana tinjauan Fiqih siyasah terhadap Undang-undang No. 41 tahun 2004 tentang wakaf. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan field research meggunakan penelitian lapangan dengan jenis dan sumber data yang gunakan yaitu data premier dan data skunder. Instrumen pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap Undang-undang Nomor 41 tahun 2004, masyarakat tidak menetahui pentingnya pendaftran harta benda wakaf, analisi fiqih siyasah terhadap Undang-undang no 41 tahun 2004 sudah sesuai dengan Syariat Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Apr 2023 05:43
Last Modified: 04 Apr 2023 05:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18430

Actions (login required)

View Item View Item