Manajemen Program Zakat Produktif Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam Mensejahterakan Mustahiq di Kabupaten Labuhan Batu

Dasopang, Mardiana (2023) Manajemen Program Zakat Produktif Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam Mensejahterakan Mustahiq di Kabupaten Labuhan Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI MARDIANA REALL....pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI MARDIANA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI MARDIANA REAL.pdf

Download (910kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI MARDIANA REALL.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI MARDIANA REAL.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI MARDIANA.pdf

Download (367kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI MARDIANA REALL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan Program serta Penyaluran Zakat Produktif Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam Mensejahterakan Mustahik di Kabupaten Labuhan Batu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau penelitian lapangan dengan cara mengumpulkan data melalui proses wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian perencanaan program zakat produktif dalam mensejahterakan Mustahik di Kabupaten Labuhan Batu yaitu membuat Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) yang dilakukan setiap tahun, dalam RKAT akan dirumuskan segala program yang akan diadakan serta kebutuhan biaya atau penganggaran program. Pelaksanaan Penyaluran zakat produktif disalurkan dalam bentuk uang tunai kepada mustahik yang memiliki usaha dan masih membutuhkan tambahan modal. Penyaluran zakat produktif dikembangkan dengan cara menggunakan akad qardhul hasan. Zakat produktif dalam mensejahterakan mustahiq di Kabupaten Labuhan Batu sudah cukup membantu perekonomian dan usaha mustahik. Para mustahik merasa sangat bersyukur menerima bantuan modal usaha dari BAZNAS karena dapat dikembalikan sesuai kemampuan dan tanpa bunga apapun.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Program, Zakat Produktif, Kesejahteraan.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.21 Fungsionaris Da’wah, Wali, Ulama, Kiai, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Mar 2023 08:19
Last Modified: 17 Jul 2023 08:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18397

Actions (login required)

View Item View Item