Identifikasi Tingkat Kemiripan Dokumen Teks Menggunakan Fungsi Hash Pada Algoritma Winnowing dan Pattern Recognation Pada Algoritma Ratcliff/Obershelp

Rambe, Yusuf Karim (2022) Identifikasi Tingkat Kemiripan Dokumen Teks Menggunakan Fungsi Hash Pada Algoritma Winnowing dan Pattern Recognation Pada Algoritma Ratcliff/Obershelp. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (823kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (332kB)
[img] Text
bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab5.pdf

Download (283kB)
[img] Text
daftar pustaka lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang sudah sangat maju ini dalam bidang komputer, sekarang semua dokumen sudah berubah menjadi file softcopy yang mana bisa diakses lewat komputer ataupun lewat smartphone masing-masing. Sehingga banyak yang melakukan penjiplakan dan tidak dicantumkan sumbernya sehingga terjadi pelanggaran hak cipta. Plagiarisme dapat dipahami sebagai tindakan mengambil pernyataan atau mencuri ide orang lain, dalam hukum positif, hak paten dan kekayaan intelektual sudah ada diatur dalam undang-undang Oleh karena itu untuk memudahkan para guru dan dosen dalam bidang akademik, dibutuhkan pengidentifikasian pada dokumen dokumen tersebut agar diketahui apakah dokumen tersebut termasuk plagiarisme dengan mendeteksi kemiripan teks antar dokumen, maka keaslian dalam tiap dokumen atau karya tulis bisa tetap terjaga keasliannya. Pengidentifikasian akan dilakukan dengan algoritma Winnowing dan Ratcliff/Obershelp. Algoritma Winnowing adalah algoritma yang digunakan untuk melakukan proses pengecekan kesamaan kata (document fingerprinting) untuk mengidentifikasi penjiplakan. Ratcliff/Obershelp juga untuk mendeteksi adanya kemiripan namun dalam prinsip kerjanya dilakukan pengembalikan nilai yang dapat digunakan sebagai persentase dalam menunjukkan kesamaan dua string dengan meperhitungkan jumlah karakter yang terdapat pada kedua string tersebut. Kedua algoritma ini dapat digunakan dalam mengidentifikasi tingkat kemiripan dokumen teks.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Plagiarisme, Dokumen, Winnowing, Ratcliff/Obershelp
Subjects: 000 Generalities > 004 Data processing Computer science
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:50
Last Modified: 31 Mar 2023 07:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18392

Actions (login required)

View Item View Item