Pembuatan dan karakterisasi karbon aktif karbon aktif dari tempurung buah Nipah (Nypa fruticans) menggunakan aktivator NaCl

Astari, Lisa (2022) Pembuatan dan karakterisasi karbon aktif karbon aktif dari tempurung buah Nipah (Nypa fruticans) menggunakan aktivator NaCl. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover-3.pdf

Download (988kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf

Download (2MB)

Abstract

Tempurung buah nipah dapat digunakan untuk menghasilkan karbon aktif setelah melalui peroses aktivasi secara fisika dan kimia hal ini terlihat dari mayoritas hasil pengujian yang telah memenuhi standar arang aktif teknis. Penelitian yang bertujuan: (i) untuk mengetahui apakah karbon aktif dapat dihasilkan dari tempurung buah nipah, (ii) untuk mengetahui bagaimana karakteristik karbon aktif tempurng buah nipah, dan (iii) untuk mengeahui hasil optimum yang dihasilkan serta memenuhi SNI No. 06-3730-1995. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan pendekatan secara kuantitatif. Proses karbonisasi dilakukan menggunakan oven dengan suhu 500 oC dalam waktu 1 jam. Proses aktivasi karbon dilakukan menggunakan furnace dengan suhu 105 oC selama 2 jam. Aktivasi kimia dilakukan menggunakan larutan NaCl dengan variasi kosentrasi 4, 6, dan 8 M, sambil diaduk menggunakan magnetic strirrer. Analisis yang dilakukan meliputi uji kadar air, kadar abu, kadar zat menguap, kadar karbon, dan alat yang digunakan scanning electron microscopy (SEM), UV-Vis (ultra violet visible). Hasil pengukuran kadar air 5,47-7,72 %, kadar zat mudah menguap 24,62-36,10 %, kadar abu 8,79-26,45 %, dan kadar karbon sebesar 37,45-66,59 %. Seiring dengan peningkatan konsentrasi aktivasi maka cenderung terjadi penurunan pada nilai kadar air, kadar zat mudah menguap, dan kadar abu. Beserta terjadi kenaikan pada kadar karbon terikat. Mikrostruktur permukaan karbon aktif tempurung buah nipah menunjukkan terbentuknya pori-pori seiring dengan bertambahnya konsentrasi aktivasi. Karbon aktif tempurung buah nipah dengan karakteristik yang optimal dihasilkan pada konsentrasi aktivasi 8 M. Hal ini dapat dibuktikan dari seluruh parameter pengujian telah memenuhui SNI No.06-3730-1995 tentang standar arang aktif teknis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tempurung Buah Nipah, Karbon Aktif, Aktivator, NaCl
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 532 Fluid mechanics Liquid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:42
Last Modified: 31 Mar 2023 07:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18391

Actions (login required)

View Item View Item