Analisis pengakuan pendapatan dan beban jasa kontruksi berdasarkan standar akuntansi keuangan (Studi kasus pada PT.Trakonsa Karta Hamdani)

Fitria, Putri (2022) Analisis pengakuan pendapatan dan beban jasa kontruksi berdasarkan standar akuntansi keuangan (Studi kasus pada PT.Trakonsa Karta Hamdani). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pengakuan pendapatan dan beban jasa kontruksi pada PT Trakonsa Karya Hamdani berdasarkan standar akuntansi keuangan (PSAK No.34) dan untuk mengetahui analisis pengakuan pendapatan dan beban jasa kontruksi pada PT Trakonsa Karya Hamdani berdasarkan standar akuntansi keuangan. Objek penelitian ini yaitu PT Trakonsa Karya Hamdani yang beralamat di Jalan Cokroaminoto No.239 Mekar Baru, Kisaran Barat Kabupaten Asahan Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh ialah Metode pengakuan pendapatan dan beban jasa kontruksi yang digunakan oleh PT Trakonsa Karya Hamdani, yaitu berdasarkan metode presentase penyelesaian karena menerapkan sistem termin pembayaran yang dibayarkan setiap bulannya oleh klien sesuai dengan presentse penyelesaian pekerjaan proyek. Serta analisis pengakuan pendapatan dan beban jasa kontruksi pada PT Trakonsa Karya Hamdani berdasarkan standar akuntansi keuangan, yaitu untuk pencatatan pengakuan pendapatan dan beban belum sepenuhnya sesuai dengan standar akuntansi kontrak kontruksi (PSAK No.34), karena tidak adanya penjurnalan untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan, kas yang diterima perusahaan langsung masuk kedalam rekening perusahaan. Sehingga laporan catatan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan hanya berupa kas masuk dan kas keluar saja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengakuan Pendapatan, Beban Jasa Kontruksi, PSAK 34
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Mar 2023 04:05
Last Modified: 31 Mar 2023 04:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18374

Actions (login required)

View Item View Item