Efektivitas pelaksanaan kampanye pada pemilihan kepala daerah 2020 di masa Pandemi Covid-19 dalam pandangan Fiqh Siyasah dan perspektif peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) No.13 Tahun 2020 (Studi Kasus Kota Medan)

Thahirah, Citra (2022) Efektivitas pelaksanaan kampanye pada pemilihan kepala daerah 2020 di masa Pandemi Covid-19 dalam pandangan Fiqh Siyasah dan perspektif peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) No.13 Tahun 2020 (Studi Kasus Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover-Dfatar_isi_Citra.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_1 citra.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_2 citra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB_3 citra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
BAB_4 citra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB_5 citra.pdf

Download (594kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA citra.pdf

Download (696kB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, bahwa pelaksanaan kampanye di tengah pandemi adalah bagian dari permasalahan yang kontemporer yang mana hal ini terjadi di karenakan adanya satu wabah penyakit namun di balik itu adanya suatu keharusan untuk pelaksanaan pemilihan umum ditengah pandemi yang terjadi pada saat ini. Penelititian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelaksanaan kampanye pada pemilihan kepala daerah Kota Medan tahun 2020 di masa pandemi covid-19. Adapun jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah menggunakan Penelitian Hukum Empiris yaitu suatu metode penelitian hukum yang menggunakan fakta-fakta empiris yang diambil dari perilaku manusia, baik perilaku verbal yang didapat dari wawancara maupun perilaku nyata yang dilakukan melalui pengamatan langsung serta penelitian empiris juga digunakan untuk mengamati hasil dari perilaku manusia yang berupa peninggalan fisik maupun arsip. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana efektivitas pelaksanaan kampanye pada pemilihan kepala daerah kota medan tahun 2020 di masa pandemi covid-19. Kedua, bagaimana pandangan tim sukses dari setiap calon kepala daerah dan masyarakat kota medan pada pelaksanaan kampanye pemilihan kepala daerah tahun 2020 di masa pandemi covid-19. Ketiga, bagaimana pandangan fiqh siyasah dan perspektif peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) No. 13 tahun 2020 tentang kampanye pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah di masa pandemi covid-19. Setelah tiga rumusan masalah tersebut maka jawaban dari rumusan masalah pertama adalah Komisi Pemilihan Umum Kota Medan menyatakan bahwa pelaksanaan kampanye ditengah pandemi sudah efektif dengan seluruh rangkaian kewajiban yang harus dilakukan pada pelaksanaan kampanye tersebut, selanjutnya jawaban dari rumusan masalah kedua bahwa dari setiap tim sukses calon kepala daerah Kota Medan serta masyarakat Kota Medan yang penulis lakukan wawancara hampir keseluruhan mengatakan pelaksanaan kampanye berjalan dengan efektif walaupun terdapat banyak peraturan-peraturan baru yang diterapkan pada saat serta peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) No. 13 tahun 2020 tentang kampanye bahwa pelaksanaan kampanye tersebut dilaksanakan secara efektif dengan suatu solusi baru yaitu menerapkan protokol kesehatan pada setiap pelaksanaanya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.2 Politik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:46
Last Modified: 30 Mar 2023 07:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18365

Actions (login required)

View Item View Item