Penggunaan media big book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah sekolah dasar

Ritonga, Seprina and Rambe, Riris Nurkholidah (2022) Penggunaan media big book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8 (4). ISSN p-ISSN: 2442-7470 e-ISSN: 2579-4442

[img] Text
SEPRINA RITONGA JURNAL.pdf

Download (237kB)

Abstract

Salah satu bagian dari kemampuan berbahasa adalah membaca. Kemampuan membaca merupakan komponen yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Membaca merupakan pondasi awal siswa untuk memahami suatu bacaan. Perkembangan didunia pendidikan saat ini sangat berkembang pesat, salah satunya dalam kemampuan membaca. Pembelajaran membaca di sekolah dasar harus diperhatikan sejak awal. Kemampuan membaca awal siswa yang terbilang rendah harus segera dikoreksi agar anak tidak mengalami pengalaman membaca yang tidak menyenangkan. Untuk menghadapi permasalahan membaca permulaan siswa kelas rendah, yaitu kelas 2 Sekolah Dasar dengan menggunakan media berupa big book. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yaitu, (1) penggunaan media big book dalam proses pembelajaran membaca permulaan siswa, dan (2) hasil belajar yang telah dicapai siswa setelah pemberlakuan big book pada awal pembelajaran Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian deskriptif. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas 2 SD Yayasan Perguruan Swakarya dengan jumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data merupakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media big book ketika prosess pembelajaran siswa kelas rendah terjadi penignkatan. Pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran menggunakan big book menunjukkan peningkatan melalui tahapan-tahapan tes yang dilakukan peneliti. Maka penggunaan media big book sebagai media pembelajaran sangat cocok dan efisien meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas rendah.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: media big book; membaca permulaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Mar 2023 05:48
Last Modified: 30 Mar 2023 05:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18363

Actions (login required)

View Item View Item