Peran Wakaf Dalam Pembiayaan Kegiatan Sosial Keagamaan Di Kabupaten Labuhanbatu Utara ( Studi Penerapan UU No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf )

Siregar, Ali Saat Husaini (2022) Peran Wakaf Dalam Pembiayaan Kegiatan Sosial Keagamaan Di Kabupaten Labuhanbatu Utara ( Studi Penerapan UU No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf ). Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (916kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (667kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (471kB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang peran wakaf dalam membantu pembiayaan kegiatan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Labuhanbatu Utara (studi penerapan Undang- Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf). Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui apakah wakaf di Kabupaten Labuhanbatu Utara berperan atau tidak dalam membantu pembiayaan kegiataan sosial kemasyarakatan. Kemudian bagaimana penerapan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Ada tiga pertanyaan penelitian yang dijawab dalam penelitian ini antara lain yaitu; Bagaimana kelembagaan wakaf di Kabupaten Labuhanbatu Utara ditinjau dengan Undang-Undang No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf?, Bagaimana Peruntukan wakaf di Kabupaten Labuhanbatu Utara? dan Bagaimana proses pengelolaan wakaf dalam pembiayaan kegiatan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Labuhanbatu Utara?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengelolaan wakaf di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian field dan normatif yuridis. Agar memperoleh jawaban dari penelitian ini, peneliti melakukan penelitian langsung di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Data primer dari penelitian ini adalah data-data wakaf yang berasal dari Kemenag Kabupaten Labuhanbatu Utara, data-data wakaf yang berasal dari KUA se- Kabupaten Labuhanbatu Utara, data-data yang berasal dari nazir-nazir wakaf yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Utara serta data-data yang berasal dari penerima manfaat dari wakaf yang ada di Kabupaten Labhanbatu Utara, sedangkan sumber data sekunder yaitu Undang-Undang No 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf, Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang No. 41 Tahun 2004, buku yang berjudul Manajemen Wakaf Produktif terjemahan yang dikarang oleh Dr. Mundzir Qahar, buku Manjemen Wakaf Produktif, karangan Dr. Rozalinda, serta Panduan Wakaf Produktif yang di keluarkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Kabupaten Labuhanbatu Utara tidak ada perwakilan BWI. Sehingga wakaf disana di kelola oleh nazir-nazir wakaf yang di sahkan dengan adanya Akta Ikrar Wakaf (AIW) yang di keluarkan oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan. Tidak ada satupun nazir wakaf yang disahkan oleh Badan Wakaf Indonesia.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:24
Last Modified: 30 Mar 2023 04:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18347

Actions (login required)

View Item View Item