Faktor yang Mempengaruhi Demand dalam Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Wilayah Kerja Puskesmas Pagar Jati

Dita, Siti Farah (2022) Faktor yang Mempengaruhi Demand dalam Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Wilayah Kerja Puskesmas Pagar Jati. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB I SITI FARAH DITA.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB II SITI FARAH DITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB III SITI FARAH DITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
BAB IV SITI FARAH DITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SITI FARAH DITA.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN SITI FARAH DITA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem Jaminan Sosial Nasional menyatakan bahwa jaminan sosial wajib bagi seluruh penduduk termasuk Jaminan Kesehatan Nasional melalui suatu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Kepesertaan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional bersifat wajib dimana seluruh warga Negara Indonesia wajib menjadi peserta. Faktor yang mempengaruhi demand antara lain faktor social- demografi,ekonomi, dan fasilitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Demand dalam Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Wilayah Kerja Puskesmas Pagar Jatiberdasakan faktor social-demografi,ekonomi, dan fasilitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari responden peserta JKN Mandiri di Wilayah Kerja Puskesmas Pagar Jati. Metode yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 95 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat,bivariate dengan uji square dan analisis multivariate dengan uji regresi logistic. Hasil bivariate pada studi ini mengungkapkan, variabel yang berhubungan dengan demand dalam kepesertaan JKN adalah Umur (p=0.030), pengetahuan (p=0.010), pendapatan (p=0.025), aksebilitas puskesmas (p=0.043). Vraiabel yang tidak berhubungan dengan demand dalam kepeseertaan JKN adalah Kualitas layanan (p=0.181).Berdasarkan hasil analisis multivariate variabel kualitas layanan (p= 0,181 < 0.25 dan nilai Exp(B) = 3.071 berpengaruh lebih besar dalam demand terhadap kepesertaan JKN di Wilayah Kerja Puskesmas Pagar Jati. Disarankan pada masyarakat untuk memperhatikan kesehatannya saat sekarang ataupun masa depan sehingga dapat meningkatkan demand menjadi peserta Mandiri Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Wilayah Kerja Puskesmas Pagar Jati.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor, Demand, Kepesertaan, Jaminan Kesehatan Nasional
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:31
Last Modified: 30 Mar 2023 03:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18336

Actions (login required)

View Item View Item